Operasi Bersih Dempo, Angkut 7 Karung Sampah


Foto: Ist/Pagaralam Pos
GOTONG: Tampak sejumlah anggota Kobabesh Pagaralam gotong karung berisikan sampah, yang berhasil diangkut dari atas kawasan Gunung Dempo.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Beranjak dari inisiatif rasa kepedulian dan keprihatinan, terhadap tumpukkan sampah yang berada di kawasan Gunung Dempo, anggota Komunitas Pecinta Alam Besemah (KPA Kopabesh) Kota Pagaralam lakukan giat Operasi Bersih Dempo.

“Operasi Bersih Dempo yang kita adakan ini, berawal dari inisiatif para anggota, yang melihat adanya tumpukkan sampah di kawasan gunung dempo, terlebih lagi itu adalah sampah plastik, yang sangat sulit terurai walaupun sudah puluhan tahun sekalipun. Dan ini sangatlah mengacam kelestarian alam,” demikian diungkapkan Ketua Umum (Ketum) KPA Kopabesh Kota Pagaralam Rino Mirlando.

Dalam aksi Operasi Bersih Dempo dikatakan Rino, pihaknya tidak sendirian melainkan pula dibantu anggota Pecinta Alam Atapala Lahat, yang dilaksanakan pada Sabtu (29/8) lalu, dengan menyusuri jalur pendakian, sembari mengumpulkan sampah-sampah yang berceceran di sepanjang jalan.

“Setidaknya, ada 7 karung besar berisikan sampah, yang berhasil kita angkut dari atas Gunung Dempo. Selanjutnya, di bawa turun ke bawah, untuk kemudian diletakkan di tempat pembuangan sampah, yang sudah disediakan,” ungkapnya.

Rino pun berharap, dengan aksi nyata yang dilakukan anggota Kopabesh dan Atapala Lahat ini, selain dapat turut menjaga kebersihan Gunung Dempo, serta menjaga kelestarian alam. Tak kalah penting, semoga tidak ada lagi sampah-sampah yang menumpuk di kawasan Gunung Dempo.

“Harapan kita semoga kedepan tidak terulang lagi, adanya tumpukkan sampah di Gunung Dempo, jangan meninggalkan apapun kecuali jejak, jangan meninggalkan apapun kecuali foto dan jangan membunuh apapun kecuali waktu,” harapnya. (Cg09)

Previous Patuhi Protkes Covid-19, Dominan Pilih Nikah di Rumah
Next Wujudkan Lingkungan Pendidikan Bersih Narkoba