Olah Sampah Jadi Pupuk Organik


Foto: Dok/Pagaralam Pos PUPUK ORGANIK: Salah seorang guru menunjukkan pupuk organik hasil pengolahan sampah kering dilakukan guru dan siswa di lingkungan sekolah.
Foto: Dok/Pagaralam Pos
PUPUK ORGANIK: Salah seorang guru menunjukkan pupuk organik hasil pengolahan sampah kering dilakukan guru dan siswa di lingkungan sekolah.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Pihak SD Negeri 46 Kota Pagaralam berlokasi di Dusun Baru, Kelurahan Alun Dua, Kecamatan Pagaralam Utara setiap hari mengumpulkan sampah kering, untuk kemudian diolah menjadi pupuk organik melalui beberapa tahapan pengolahan.

Kepala SD Negeri 46 Kota Pagaralam, Seni Jauhariah SPd mengatakan, sekolah terus berupaya meningkatkan produksi pupuk kompos. Karena itu, guru beserta seluruh siswa setiap hari bekerjasama mengumpulkan sampah organik untuk didaur ulang menjadi pupuk organik.

“Pengumpulan bahan ini untuk mendukung produksi pupuk kompos. Soalnya, kalau sudah ada bahan, pengelolaan terus berjalan tidak terhenti, karena kehabisan bahan ataupun kendala lainnya,” terangnya.

Pembuatan pupuk kompos untuk mengajarkan kepada siswa, bahwa sampah masih dapat dimanfaatkan kembali, dengan cara daur ulang melalui beberapa proses dan tahapan pengolahan, sekaligus membimbing siswa tatacara membuat pupuk kompos. “Diharapkan para siswa menerapkan hal tersebut di rumahnya, untuk membuat pupuk kompos seperti yang telah diajarkan di sekolah ini,” harapnya. (10/CE-V)

Previous Usulan BSM Capai 102 Siswa
Next Imbau Warga Optimalkan Kebersihan