Olah “Asoi” Menjadi Seni Bernilai Manfaat


Foto: Ist/Pagaralam Pos KREATIF : Karya seni bunga berbahan dasar kantong asoi, hasil buatan ibu-ibu binaan UPK LKM Trikaya Mandiri.
Foto: Ist/Pagaralam Pos
KREATIF : Karya seni bunga berbahan dasar kantong asoi, hasil buatan ibu-ibu binaan UPK LKM Trikaya Mandiri.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Siapa yang tidak kenal dengan kantong asoi (kantong kresek, red), yang banyak dibuang ke kontak sampah usai tak dipakai lagi. Ternyata siapa sangka, sampah rumah tangga ini mampu menghasilkan pundi-pundi uang. Kantong asoi yang biasa dipakai untuk membawa bahan belanjaan ketika belanja di pasar, ternyata mampu “disulap” menjadi bunga yang cantik nan indah.

Di tangan terampil ibu-ibu binaan UPK LKM Trikaya Mandiri Kelurahan Burung Dinang, Kecamatan Dempo Utara, mampu menghasilkan produk yang bernilai jual tinggi. Selain banyaknya pesanan konsumen, ibu-ibu ini sempat kewalahan melayani permintaan konsumen.

“Siapa sangka, asoi yang biasanya habis belanja kita buang di kotak sampah sekarang mampu menghasilkan karya yang sangat indah. Banyak konsumen yang berasal dari luar daerah memesan karya ibu-ibu yang terampil ini. Selain motifnya yang beranekaragam, warna pun juga dipadu-padankan, sehingga menghasilkan rangkaian tangkai bunga yang indah,” ujar Tim Fasilitator (TF) 23 Korkot 3 Pagaralam Nora Puspita Sari, belum lama ini.

Menurutnya, dengan hasil karya ini membuat ibu-ibu binaan Upk Trikaya Mandiri sangat senang, karena berkat binaan UPK mereka mampu menghasilkan karya kerajinan seni yang indah. Selain itu mereka juga bisa memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dari hasil penjualan “kembang asoi” ini. Kembang asoi banyak diminati para konsumen, selain harganya yang murah dan mudah dijangkau oleh masyarakat kecil menengah.

“Kembang asoi juga sangat banyak diminati, bahkan sekarang tak jarang kita jumpai di setiap sudut rumah, pasti ada kembang asoi ini. Kami berharap ibu-ibu yang mengikuti pembinaan bisa teruslah berpikir positif  dan menciptakan karya seni yang lainnya, karena sampah rumah tangga pun bisa disulap menjadi bunga yang indah, apalagi jika kita lebih kreatif, semua mampu menghasilkan karya seni dan itu akan berdampak positif bagi kita, karya seni diciptakan akan mampu menghasilkan pundi-pundi uang,” pesannya. (09/CE-V)

 

Previous ZODIAK KITE 16 - 21 Desember 2013
Next Kesenian dan Kuliner Sumsel jadi Warisan Dunia