Nobar Film G30S/PKI, Ingatkan Sejarah Kelam Masa Lalu


Foto: Pidi/Pagaralam Pos
ANTUSIAS: Ratusan masyarakat Pagaralam antusias menyaksikan pemutaran Film G30S/PKI di kawasan Alun-alun Selatan, untuk pelaksanaan Nobar film G30S/PKI, tadi malam.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Mengingatkan generasi muda Kota Pagaralam mengenai sejarah masa lalu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Pagaralam menggandeng Koramil 0405 – 010 Pagaralam dan sejumlah stake holder terkait, menggelar nonton bareng (Nobar) Film G30S/PKI bersama masyarakat dan pelajar.




Acara Nobar berlangsung di lapangan terbuka Alun-alun Selatan, Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan, tadi malam pukul 19.30 WIB. “Kita menggandeng Koramil 0405-10 Pagaralam dan pihak terkait lainnya, menggelar Nobar Film G30S/PKI dengan menyiagakan 1 unit mobil bioskop keliling,” terang Kepala Disdikbud Kota Pagaralam, Drs Marjohan Derah MPd, kemarin.




Diterangkan Marjohan, tujuan dari pemutaran film ini untuk mengingatkan ke para generasi muda, mengenai sejarah masa lalu. Hal ini tentu sangatlah diperlukan sebagai langkah antisipasi jangan sampai peristiwa kelam semacam ini kembali terjadi. “Nobar Film G30S/PKI diperuntukkan bagi masyarakat umum dan pelajar ini sekalian juga memperingati hari besar Islam 1 Muharram 1439 H. Sejauh ini masyarakat merespon sangat positif kegiatan ini,” terang Marjohan.




Lebih jauh Marjohan menyebut, lewat pemutaran Film G30S/PKI tersebut diharapkan masyarakat dan pelajar di Kota Pagaralam dapat lebih mengerti serta memahami arti sejarah bangsa Indonesia, sehingga dapat terhindar dari paham komunis. “Kita berharap dengan pemutaran film ini, akan menambah persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga tidak mudah dihasut dan dipecah belah, serta tak kalah penting agar pelajar dan masyarakat memahami arti sejarah,” harapnya.




Jangan Terlibat Paham Radikal
Terpisah, Dandim 0405 Lahat, Letkol CZI Srihartono, didampingi Pabung Pagaralam, Mayor Inf Hernawan, melalui Danramil 10 Kota Pagaralam, Kapten Inf Darsono menambahkan, Kodim 0405 Lahat bersama Koramil menggelar nonton bareng di lima kecamatan yang ada di Kota Pagaralam.




“Menonton sejarah perjuangan Indonesia, sekaligus membangkitkan rasa nasionalisme anak bangsa, khususnya generasi muda. Anak muda sekarang jangan sampai terlibat atau ikut-ikutan paham radikal. Hal ini diatur dalam TAP MPRS No.25 tahun 1966,” kata Darsono.




Anak muda katanya harus memahami paham-paham yang menyesatkan, terlebih menjurus radikal yang memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. “Mudah-mudahan dengan adanya Nobar yang digelar ini bisa memberikan pemikiran positif kepada generasi muda tetap menjaga nasionalisme bangsa,” harapnya. (06/09/CE-V)

Previous Perbaikan Masih Berkonsultasi Dengan Balai Besar Jalan
Next Mandikah Pesake, Tunggu Wangsit Hingga Satu Muharam