Ngeri… Dari Atas Jembatan Sudah Kelihatan Dasar Air Mengalir


Foto: ist
RUSAK: Tampak kondisi badan jalan Negara di atas Jembatan Endikat rusak dan hanya di pasangi pelat besi.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Kerusakan jalan negara, mulai dari perbatasan Pagaralam-Lahat, tepatnya di liku Endikat, Kecamatan Dempo Selatan hingga ke Simpang Manna, hingga saat ini belum ada solusi. Belum ada tindakan serius untuk dilakukan perbaikan.




Pantauan di lapangan, titik kerusakan berupa jalan berlubang dan badan jalan bergelombang, hampir ditemui setiap dusun. Seperti di Liku Endikat, persis berada di jembatan penghubung Desa Atung Bungsu dan Tanjung Bay, Kota Agung, Kabupaten Lahat. Di lokasi ini, kerusakan jalannya sangat parah. Sambungan jembatan selain renggang, juga berlubang. Kondisi ini sangat membahayakan pengemudi yang melintas, baik motor dan mobil.




Ironisnya, oleh pihak Balai Besar yang mengurusi jalan dan jembatan dinilai belum serius menindaklanjuti keluhan masyarakat. Bahkan kerusakan jalan negara ibarat penyakit akut yang sudah menahun. Jika terus dibiarkan begitu saja, tidak menutup kemungkinan bukan hanya bertambah parah, juga dapat mengancam keselamatan jiwa pengendara. Di lokasi jembatan Endikat, untuk menutup lubang menganga di sambungan jembatan ini dipasangi dua buah pelat besi.




Robet (35), salahsatu warga Pagaralam yang melintas di lokasi ini sangat menyayangkan belum adanya tindakan serius oleh pemerintah. “Baik Pemkot Pagaralam melalui Satker terkait ataupun pihak Balai Besar, yang mengurusi jalan negara ini, harusnya segera diatasi bagaimana solusi agar jalan negara nyaman dilalui masyarakat. Jangan perbaikannya bersifat darurat saja, karena kondisinya cukup membahayakan,” ujarnya.




Bahkan senada diungkapkan Robet, sejumlah pengguna akun FB pun angkat bicara, soal kerusakan badan jalan di Jembatan Endikat ini. “Tinggal putusnya aja nie jembatan, untuk pengguna jalan agar lebih berhati-hati, dari atas jembatan sudah kelihatan dasar air yang mengalir,” tulis Tri Sapta di akun FB, Senin (7/8).




Menanggapi kondisi yang ada, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Kota Pagaralam, Hariadi Razak, melalui Kabid Bina Marga, Ardiansyah ST mengakui, kondisi jalan negara cukup memprihatinkan kerusakanya di beberapa titik. Termasuk di kawasan jembatan Endikat. “Informasinya, kerusakan pada sambungan jembatan dipasangi pelat besi oleh pihak Balai Besar,” katanya.




Mengenai permintaan masyarakat agar kerusakan ditangani serius oleh pihak Balai Besar? Jawab Ardiansyah, pihak Pemkot Pagaralam melalui Dinas PUPR, sudah melayangkan surat ke Balai Besar. “Bukan untuk pertamakalinya, namun sudah kesekiankalinya. Namun, dalam waktu dekat kita akan berkoordinasi langsung menemui lagi pihak Balai Besar mengenai kondisi jalan negara yang ada di Kota Pagaralam,” jawab Ardiansyah seraya mengatakan pihaknya belum bisa berbuat banyak untuk penanganan kerusakan jalan negara, karena bukan wewenang daerah. (06/CE-V)

Previous Uji Coba Jalur Tubing, Walikota Dijadwalkan Ikut Turun Bersihkan Kali
Next Sanksi Gembok Menanti, Jika Tidak Ada Itikad Baik Pedagang