Minimalisir Penggunaan Obat tak Rasional


Foto : gusti/Pagaralam Pos
SIMBOLIS : Sekdakot Pagaralam, H Syafrudin mengalungkan tanda peserta sosialisasi Gema Cermat di Pagaralam, kemarin

PAGARALAM POS, Pagaralam – Pengunaaan obat yang tidak rasional, berpotensi menyebabkan resiko kesehatan, seperti penggunaan antibiotik dan antimikroba yang dinilai masih kurang tepat. Oleh sebab itu, perlunya pemberdayaan masyarakat mengenai penggunaan obat.




“Edukasi dan pemberdayaan kepada masyarakat melalui sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) sudah berjalan. Kota Pagaralam, merupakan Kabupaten/Kota ke empat di Sumsel digelar,” ujar Kasi Kefarmasian, Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, David Simanjuntak, disela sosialisasi Gema Cermat, di Gedung Seminar Gunung Gare, kemarin (15/11).




Gerakan ini sebutnya merupakan tanggung jawab bersama. Peran apoteker dalam hal memberikan informasi penggunaan obat sangat penting. Edukasi kepada masyarakat, dalam hal menggunakan, menyimpan, membuang serta penggunaan secara tepat dan benar.




Sementara dihadapan para peserta dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pagaralam, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Persatuan Ahli Farmasi (PAFI), Karang Taruna, tokoh masyarakat, Sekdakot Pagaralam, Drs H Syafrudin MSi menyikapi masih rendahnya kesadaran dan minimnya info cara penggunaan obat menjadi perhatian serius. Jangan sampai menjadi bomerang bagi masyarakat jika penggunaannya tidak rasional. “Saya sangat mendukung, dengan adanya gerakan ini bisa meminimalisir penggunaan obat yang tidak tepat dan tak rasional,” katanya.




DitambahkanKadinkes Pagaralam, Lily Ernani SE MSi melalui Sekretaris, Misnan SKM, diharapkan masyarakan nantinya kian cerdas dalam hal penggunaan obat (konsumsi, red) secara tepat dan benar. “Kepada peserta, diharapkan juga untuk bisa diterus sosialisasi mengenai pemahaman konsumsi obat,” pungkasnya. (06)

Previous WP Ngeluh, Pelayanan Samsat Terganggu
Next SRG Fasilitasi Permodalan Pelaku Usaha