Miliki Potensi Wisata, Penuhi Kebutuhan Air Persawahan


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
NORMALISASI SUNGAI: Tampak petugas alat berat tengah melakukan pengerukan di aliran Sungai Air Betung, sebagai upaya menormalisasi aliran air Sungai.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Pengerjaan normalisasi Sungai Air Betung di Kecamatan Pagaralam Utara, bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumsel, sangat disambut baik oleh warga di Kelurahan Curup Jare, Kecamatan Pagaralam Utara.

Bagi warga di Kelurahan Curup Jare, giat normalisasi Sungai Air Betung tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan air mengaliri areal persawahan, malainkan pula kedepan kawasan ini, bisa dijadikan objek wisata baru, yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Kita selaku masyarakat sekitar, tentu saja merasa senang sekali, dengan adanya normalisasi Sungai Air Betung, karena pasokan air bisa lancar, bila selama ini air banjir bisa masuk ke badan jalan, dengan normalisasi bila air Sungai besar, mungkin tidak sampai ke badan jalan,” ujar Pian, salah seorang warga Curup Jare.

Disamping itu juga kata Pian, kondisi aliran Sungai Air Betung di lokasi ini, terlihat jauh lebih besar dari biasanya, bahkan kedepan pula bila sudah di normalisasi, pinggiran Sungai ini bisa dijadikan spot wisata baru di Kota Pagaralam.

“Tidak menutup kemungkinan kedepannya, kawasan ini bisa kita jadikan objek wisata baru, lebih lagi lahan dan juga view di kawasan ini sangat mendukung sekali, begitu pula untuk areal lahan parkir, masih ada tempat yang begitu luas, untuk aksesnya pun sangat mudah dijangkau,” serunya.
Akan tetapi untuk pengelolaan ini, tambah Pian, tergantung dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam, bila Pemkot siap masyarakat pun siap untuk mendukung dan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Pagaralam.

“Harapan kita nantinya, bila normalisasi Sungai Air Betung selesai, serta dimanfaatkan sebagai lokasi objek wisata, dapat menambah pendapatan masyarakat, serta meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Kelurahan Curup Jare,” pungkasnya. (Cg09)

Previous Pertahankan Tingkat Kepulihan dan Kualitas Hidup
Next Pelaksanaan Yudisium ke-X STTP Berjalan Minimalis