Merasa Prihatin, Warga Koramil Lama Inisiatif Tambal Jalan Berlubang


Foto: edo/Pagaralam Pos
TAMBAL LUBANG: Tampak salah seorang warga Koramil Lama lakukan aksi tambal sulam di jalan yang mengalami kerusakan.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Sering terjadinya kecelakaan lalulintas di Jl Mayjen S Parman Koramil Lama, Tepatnya di RW 05 RT 14 Kelurahan Beringin Jaya, Kecamatan Pagaralam Utara, yang disebabkan adanya lubang menganga di tengah jalan, menggerakkan warga sekitar untuk bereaksi.




Wujud keprihatinan akan kondisi inilah, warga sekitar pun berinisiatif untuk menutup lubang di badan jalan itu, dengan cara melakukan tambal sulam menggunakan semen secara pribadi.




Menurut Nopri, warga setempat, lubang di badan jalan ini, memiliki ukuran beragam dan kerapkali pula menyebabkan pengendara jatuh terjerembab di lubang tersebut, hingga mengakibatkan kecelakaan lalulintas.




“Kedalaman lubang di badan jalan itu, ada yang memiliki kedalaman 20 cm dan lebih, sudah tak terhitung lagi pengendara motor, yang jatuh terperosok karena lubang ini, apalagi kalau berjalan di malam hari. Terakhir itu, ada seorang ibu-ibu yang mengalami kecelakaan, bahkan suaranya terdengar hingga ke dalam rumah,” terangnya.




Kebanyakan pengendara sering terjatuh di lubang itu, tambah Nopran, terjadi pada sore hari jelang Maghrib, lebih lagi bila berkendara di malam hari, sebab lampu penerangan jalan di kawasan ini, bisa dibilang cukup terbatas dan ada pula Penerangan Jalan Umum (PJU) yang tidak menyala.




“Guna mencegah terjadinya kecelakaan, yang bisa menyebabkan kerugian bagi korban. Maka kita berinisiatif untuk menambal jalan berlubang, dengan menggunakan semen agar tidak ada lagi kecelakaan, mengingat hampir setiap malam pasti ada pengendara, khususnya sepeda motor yang acapkali terjatuh akibat lubang ini,” tegasnya.




Menghindari hal tidak diinginkan, tambah Nopran, dirinya juga mengimbau kepada pengendara sepeda motor, supaya senantiasa bisa meningkatkan kewaspadaan, serta kehati-hatian lagi di dalam berkendara. “Kita hanya bisa berharap, para pengendara motor maupun mobil, untuk mengendarai kendaraan dapat lebih berhati-hati lagi,” imbuhnya. (09/PP4)

Previous Puluhan Warga "Ngadu" ke Pemkab Lahat
Next Bonsai Pagaralam Berkelas, Kimeng dan Iprik Raih 10 Terbaik Nasional