Menyebar di Tiga Komisi


Foto : Dok/Pagaralam Pos WAKIL RAKYAT : Abdul Fikri Yanto dan Dedi Irawan Gumay masuk dalam komisi III yang membidangi pembangunan. Foto diabadikan pada 26 Agustus 2019.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Anggota Fraksi PKS (F-PKS) DPRD Pagaralam berbagi tugas dalam memperjuangkan kepentingan rakyat. Mereka menyebar di komisi-komisi yang ada di parlemen Gunung Gare.

Komisi sendiri merupakan salahsatu alat kelengkapan dewan (AKD). Hal ini tercantum dalam pasal 375 ayat 1 UU Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3). Karenanya komisi harus ada di dewan. AKD lainnya adalah pimpinan, badan musyawarah (Banmus), badan legislasi (Banleg), badan anggaran (Banggar), dan badan kehormatan (BK).

Sementara untuk jumlah komisi, tergantung dengan jumlah anggota dewan. Ini dijelaskan dalam pasal 378. DPRD yang beranggotakan 25 orang sampai 35 orang, jumlah komisinya maksium 3. Inilah sebabnya jumlah komisi di DPRD Pagaralam. Yaitu komisi I, komisi II, dan komisi III. Komisi I membidangi pemerintahan. Komisi II membidangi keuangan. Sedangkan komisi III membidangi pembangunan.

Ketua F-PKS Abdul Fikri Yanto SThI MAg bersama Dedi Irawan Gumay SH masuk dalam komisi III. Nopran Edwin SPd masuk dalam komisi I. Sementara Firmansyah berjuang di komisi II. Lewat jalur inilah mereka-dan anggota dewan dari fraksi lainnya- memperjuangkan kepentingan rakyat. Mereka sering menggelar rapat komisi. “Di awal tahun,”kata Fikri, tentang waktu komisi menggelar rapat-rapat.

Fikri yang masuk dalam komsisi pembangunan kerap menyoroti soal pembangunan. Misalnya saja ia meminta supaya jalan penghubung Talang Darat-Tanjung Keling Kecamatan Dempo Utara diperbaiki. Ini karena kondisi jalan ini sudah rusak. “Banyak lobang. Ini bisa membayakan pengguna jalan,” ujarnya beberapa waktu lalu. (Pid11)

Previous Baksos Serentak Polri Peringati HUT RI
Next Wako : Sekolah Dibuka, Tatap Muka Berlaku Shift