Masyarakat Dilatih Manfaatkan Biogas






PAGARALAM POS, Pagaralam – Setelah mengikuti kegiatan pelatihan dan bimbingan pengoperasian teknologi peternakan tepat guna Biogas tahun 2016, para peserta bisa menjadi narasumber di lingkungan tempat tinggal meraka masing-masing.
Asisten II, Drs Syafrani membuka kegiatan pelatihan digelar di Eks Kantor Kelurahan Kuripan Babas, Kecamatan Pagaralam Utara, kemarin (20/9). “Biogas ini dihasilkan dari limbah ternak atau rumah tangga. Banyak manfaat positif bagi masyarakat, sebagai alternatif energi untuk penerangan, memasak serta kegunaan lainnya. Pemanfaatan limbah ini bisa diterapkan ditengah masyarakat,” jelas Syafrani.




Sementara itu, Kepala Disnakan Kota Pagaralam, Drs M Isya Al-Basyarah, didampingi Kabid P2HP, Sri Komala SP MSi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para petani, peternak serta masyarakat Kota Pagaralam, supaya kedepan bisa memanfaatkan limbah dari kotoran ternak yang ada untuk dikelola menjadi Biogas.




Para peserta dari kegiatan ini, diantaranya petani, peternak, BPLH, Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas PU, Camat, Lurah yang lingkungannya padat penduduk, penyuluh pertanian, serta guru SD, SMP dan SMA sebagai sekolah Adhiwiyata. Sedangkan nara sumber, Dosen dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr Sri Wahyuni MP, yang merupakan ahli dalam masalah Biogas. (10)

Previous Bangunan Direhab, SDM Ditingkatkan
Next Hasil Tes Dua Pejabat Dibawah Standar