Maret Dana Sertifikasi Dicairkan


PAGARALAM POS, Lahat – Terkai dana sertifikasi guru triwulan IV, tahun 2016 yang tak kunjung cair, Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Riva’i SE, melalui Sekretaris Daerah, Nasrun Aswari SE MM, memastikan dana tersebut akan segera dicairkan awal Maret 2017 ini.




Nasrun yang juga Ketua Dewan Penasehat PGRI Kabupaten Lahat, membantah terjadi keterlambatan karena faktor kesengajaan atau ada ‘permainan’. “Untuk pencairan triwulan IV akan segera dicairkan Maret ini,” jelas Nasrun, di ruang Sekda Lahat, kemarin.




Sambungnya mengatakan, keterlambatan pencairan dana sertifikasi terjadi karena situasi keuangan yang tidak kondusif. Dan hal tersebut terjadi secara nasional. Tak hanya itu, sebenarnya daya sertifikasi sendiri merupakan tanggungjawab dari Pemerintah Pusat yang dibebankan kepada daerah, yang disesuaikan dengan kesanggupan daerah itu sendiri. Tetapi pihak Pemkab sendiri sudah melakukan pembayaran dan tinggal untuk triwulan keempat saja.




“Kalau untuk 2017 kita akan tunggu transfer dari pusat. Jika pusat membayarkan, maka akan segera kita bayarkan juga. Artinya, tergantung pusat. Kita tidak akan menunda-nunda. Dan kita berharap para guru bersabar, memaklumi kondisi keuangan serta jangan terpancing isu-isu yang tidak benar,” harapnya.




Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat, Drs Sutuko MSi, berharap para penerima sertifikasi mendapatkan ketenangan terkait pencairan di triwulan keempat ini. Dirinya juga meminta pata guru tidak terpancing isu-isu yang menyatakan uang sertifikasi digunakan untuk kepentingan lain. Dirinya juga meminta para guru tidak mengambil langkah langkah destruktif.




“Kan sudah ada kejelasan, yang menjadi tanggungjawab Pemda akan dibayarkan Maret ini. Jadi, kita sampaikan di sini, tidak ada penyimpangan atau uang tersebut digunakan untuk hal lain. Tapi memang kondisi keuangan yang tak kondusif,” jelasnya.
Lanjut Sutoko mengatakan, para guru harus mendapatkan informasi yang akurat dan jangan terpancing oleh isu-isu yang sengaja ingin memperkeruh situasi. (mg21/CE-V)

Previous Liga PSSI Cup Terbagi 4 Group
Next Operasi Simpatik Digelar Serentak