Lulus dengan Status Terakreditasi Penuh


Foto: Ist/Pagaralam Pos
RAIH PENGHARGAAN: Labkesda Kota Pagaralam berhasil meraih sertifikat akreditasi dari Direktorat Mutu & Akreditasi Yankes Ditjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Penerapan pelayanan bermutu, memenuhi standar dan hasilnya bisa dipertanggungjawabkan, menjadikan UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (LABKESDA) Kota Pagaralam dibawah naungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pagaralam layak untuk meraih penghargaan.

Sebab belum lama ini, UPTD LABKESDA Kota Pagaralam berhasil menerima sertifikasi akreditasi dari Direktorat Mutu & Akreditasi Yankes Ditjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI melalui Komosi Akreditasi Laboratorium Kesehatan (KALK), diserahkan secara langsung oleh Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dr Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS.

“Akreditasi Laboratorium Kesehatan adalah suatu pengakuan kompetensi, berdasarkan standar yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan RI, yang dalam hal ini Komisi Akreditasi Laboratorium Kesehatan (KALK), dengan tujuan untuk memenuhi standar, sehingga dapat memberikan pelayanan yang bermutu dan dapat dipertanggung jawabkan,” ujar Kepala Dinkes Kota Pagaralam Desi Elviani SE MM melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Masagus Taswin, ST. MT didampingi Kepala UPTD LABKESDA dr Fatimah Zahra, M Biomed.

Menurut Fatimah, kewajiban akreditasi laboratorium kesehatan sesuai diamanatkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor:364/MENKES/SK/III/2003 dimana pada Pasal 16 disebutkan bahwa “Laboratorium Kesehatan wajib mengikuti akreditasi laboratorium yang diselenggarakan oleh instansi yang diakui secara nasional atau internasional, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku” kemudian ditindaklanjuti dengan pedoman akreditasi laboratorium kesehatan No. 298/Menkes/SK/III/2008 tentang Pedoman Akreditasi Laboratorium Kesehatan.

“Labkesda Kota Pagaralam dinyatakan Lulus dengan status Terakreditasi Penuh. Hal ini dapat diraih karena besarnya dukungan dari Dinas Kesehatan Kota Pagaralam, dalam hal ini Kabid Yankes, Kasi Yankes dan seluruh staff Dinas Kesehatan Kota Pagaralam, yang telah memberikan full supportnya ke LABKESDA Kota Pagaralam, sehingga mendapatakan hasil yang terbaik,” ungkapnya. (Cg09)

Previous MTQ Media Syiar Pelajari Al Qur’an
Next Harga Gula ‘Menggila’ Dijual Rp15.500 per kilogram