Luapan Air Putuskan Akses Warga


Foto: Adi/Pagaralam Pos  Terendam: Warga saat melintas di akses desa yang terendam oleh luapan aliran sungai.
Foto: Adi/Pagaralam Pos
Terendam: Warga saat melintas di akses desa yang terendam oleh luapan aliran sungai.

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Luapan air sungai Musi di kawasan Desa Baturaja Baru, Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, membuat jalan kabupaten dari Desa Baturaja Baru menuju Desa Sugiwaras Kecamatan Tebing Tinggi dan dari arah sebaliknya, tidak dapat dilalui kendaraan, Rabu (27/4).

Akibatnya, ratusan orang warga di kedua desa tersebut terhambat melakukan aktivitas sehari-harinya. Bahkan anak-anak dan guru Sekolah Dasar (SD) terpaksa terlambat menuju ke sekolah karena jalan yang biasa mereka lalui, tergenang banjir. Padahal hari ini merupakan hari ke tiga Ujian Nasional (UN) SD/MI. Warga baru dapat melintas sekitar pukul 8.00 WIB pagi, setelah luapan air berangsur surut. Kerugian belum dapat ditaksir akibat kejadian ini, sementara proses UN di sekolah kembali normal.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, luapan air sungai Musi ini, terjadi sejak Selasa (26/4) malam sekitar pukul 23.00 wib. Bahkan luapan air juga sempat menggenangi pemukiman warga Desa Baturaja Baru Kecamatan Tebing Tinggi, hingga setinggi lutut orang dewasa. “Air mulai meninggi dan masuk ke pekarangan rumah sekitar jam sebelas semalam,” ungkap Hendri (42) warga sekitar.

Terpisah, Kepala Desa Baturaja Baru Kecamatan Tebing Tinggi, Hendra YP mengatakan, akibat banjir kali ini anak-anak SDN 20 Baturaja Baru terpakas harus berangkat ke sekolah sekitar jam 8.00 WIB, padahal beberapa di antaranya mengikuti ujian nasional. “Banjir memang surut sekitar jam 6.00 WIB, namun itu di pemukiman. Sementara jalan ke arah sugiwaras baru dapat dilalui sekitar jam 8.00. Makanya anak-anak sekolah baru dapat ke sekolah sekitar jam tersebut,” ungkap Hendra. (07/CE-V)

#baca berita selengkapnya…..terbit 28 april 2016#

Previous Jalur Lematang Indah Tertimbun Longsor
Next Si Jago Merah Hanguskan 5 Rumah Warga