Lotre Berkedok Jajanan Kembali Menjamur


Foto : Heru/Pagaralam Pos
SIDAK : Wabup Lahat, Haryanto saat sidak ke SDN 20 Lahat, terkait laporn jajajan lotre, Selasa (12/11).

PAGARALAM POS, Lahat – Masih menjamurnya jajanan untuk siswa di Sekolah Dasar (SD), yang berkedok hadiah alias lotre berhadiah. Kembali membuat resah para orang tua siswa di Kota Lahat. Pasalnya para orang tua menilai, secara tidak langsung jajanan tersebut mengajarkan anak-anak untuk berjudi.

Menanggapi laporan tersebut, Wakil Bupati Lahat, Haryanto SE MM MBA lakukan sidak ke sejumlah sekolah. Mulai dari SDN 20, SDN 9, SDN 26, dan MIN Lahat. Hasilnya ditemukan ada beberapa pedagang yang menjajahkan jajanan jenis lotre berhadiah ini. Dijual dalam bentuk kupon, dengan harga Rp 1.000. Nantinya si anak harus mengosok kupon tersebut, barulah muncul hadiah yang akan diberikan oleh pedagang. “Silakan berdagang, tapi jangan yang seperti ini. Apalagi yang bersifat ada lotre berhadiah seperti ini. Lambat laun, jika dibiarkan akan merusak moral anak,” kata Haryanto kepada salah satu pedagang di SDN 20 Lahat, Selasa (12/11).




Haryanto berharap, baik kepada pihak sekolah, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud). Agar lebih selektif dan mengawasi setiap pedagang di sekolahan. Bila perlu rutin melakukan pengecekan, agar tidak ada lagi alasan kecolongan. “Boleh izinkan berjualan, asalkan barang dagangannya hanya mainan atau makanan yang baik untuk anak,” ucap Haryanto.

Sementara, Kepsek SDN 20 Lahat, Mulianawati SPd menuturkan, pihaknya tidak mengetahui kalau pedagang di sekolahnya, berjualan lotre berhadiah. Pihaknya kedepan akan lebih berhati-hati, sekaligus mengawasi setiap pedagang. “Akan kita perketat lagi, si pedagangnya sudah kita berikan teguran. Kita juga tidak ingin, kalau sampai membuat orang tua jadi resah,” tuturnya. (mg02)

Previous Aldo Butuh Uluran Tangan Dan Perhatian Pemerintah
Next Dinkes Turunkan Timkes Kunjungi Aldo