Limbah Batubara Disulap Jadi Batako


Foto : Heru/Pagaralam Pos
SOSIALISASIKAN : Dewan Komisaris PT PLIP sedang mensosialisasikan pembangunan pabrik batako ke masyarakat, Kamis (10/10).

PAGARALAM POS, Lahat – Memanfaatkan limbah fly Ash Bottomash atau limbah pembakaran batubara. PT PLIP (Pengolah Limbah Industri Palembang), berencana bakal membuat percetakan conblok dan batako, yang sudah berlebel SNI di Desa Negeri Agung, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat.

Jalalludin SE, selaku Dewan Komisaris PT PLIP mengatakan, sejauh ini pihaknya masih mempersiapkan izin- izin untuk pengolahan limbah tersebut. Nantinya selain melibatkan Masyarakat Desa, sebagai pembuat batako dan conblok. Pihaknya juga berupaya mengurangi dampak debu batubara dari limbah fly ash bottomash, di kawasan Merapi Area. “Target kita bulan depan bisa beroperasi. Nanti akan kita uji juga ketahanan dari conblok dan batako tersebut,” terangnya, Kamis (10/10).

Lanjut Jalaludin, jika nanti sudah bisa menghasilkan batako dan conblok, masyarakat di sekitar tak perlu jauh- jauh mencarinya lagi untuk keperluan pembangunan. Untuk tekhnis pembuatan,  limbah tersebut nantinya dicampur pasir, semen dan dicetak menggunakan alat. “Sekarang kita masih mengejar kelengkapan izin, agar tidak ada masalah kedepannya,” ucap Jalaludin. Sementara, Camat Merapi Eti Listina SP MM menambahkan, bahwa adanya rencana pengolahan limbah di Desa menjadi batako dan conblok ini, selain bisa memberdayakan anak- anak muda di desa, diharapkan jadi insfirasi bagi warga desa. Karena hanya dari limbah, bisa menjadi nilai ekonomis untuk kebutuhan masyarakat. “Kita harap tenaga kerja yang digunakan masyarakat desa setempat. Conblok dan batako yang dihasilkan, kualitasnya benar teruji seperti yang diharapkan,” ucap Eti. (mg02)

Previous IRT Simpan Sabu Dalam Bra
Next Petani Ditemukan Tewas Terbakar