Lima Desa Pilkades Serentak


PAGARALAM POS, Empat Lawang – Setidaknya ada 5 Desa di Kabupaten Empat Lawang, dalam tahun ini akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, yang akan dijadwalkan pada akhir Desember tahun 2019 mendatang.

Desa tersebut antara lain, Desa Canggu Kecamatan Talang Padang dan Desa Air Mayan Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker). Selanjutnya, Desa Lubuk Cik, Desa Endalo dan Desa Sukarami, dan ketiga Desa tersebut ada di wilayah Kecamatan Lintang Kanan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Kabupaten Empat Lawang, Agus Rochmad Basuki melalui Kabid Pemdes kepada wartawan membenarkan pada APBD Perubahan (APBD-P), sudah dianggarkan untuk pelaksanaan Pilkades tahap ketiga. “Kalau tidak ada halangan, memang sudah kita jadwalkan Desember 2019 mendatang, pelaksanaan Pilkades serentak gelombang ketiga di Empat Lawang. Hal ini sudah bisa kita pastikan, karena sudah masuk dalam anggaran, masuk di APBD Perubahan tahun ini, maka pasti akan kita laksanakan,” kata Agusman Mulyadi saat dibincangi wartawan, kemarin.

Dilanjutkan Agusman, masalah regulasi pelaksanaan Pilkades serentak itu juga, akan dibahas terlebih dahulu. “Termasuk Perbubnya dan tekhnis pelaksanaannya bagaimana, itu mesti kita bahas terlebih dahulu,” ungkapnya.

Dijelaskannya, Desa-Desa yang akan mengikuti Pilkades gelombang ketiga tersebut, merupakan Desa-Desa yang kadesnya sudah habis masa jabatan defenitifnya. Dan saat ini Kades yang memimpin Desa tersebut, merupakan Penjabat Sementara (Pjs). “Kalau Desa yang dipimpin Pjs, karena Kades defenitifnya berhenti karena ada persoalan, tetap saja Pilkadesnya dilaksanakan tahun berikutnya (2021). Untuk tahun ini kita fokus menyelesaikan Pilkades serentak gelombang ketiga dahulu, yang sempat tertunda karena agenda Nasional Pileg dan Pilpres lalu,” jelasnya.

Dirinya berharap tidak ada lagi Desa yang dipimpin Pjs Kades, mendekati masa jabatan Kades defenitif berakhir, kalau bisa Pilkades sudah digelar. “Karena Pjs Kades itu waktunya sangat singkat. Paling lama satu tahun harus keluar SK baru,” pungkasnya. (07)

Previous Berharap Tidak Ada Gesekan
Next Mantan Marbot Hamili ABG