Libur Lebaran, Pajak Kendaraan Jatuh Tempo Tak Terkena Denda


Foto: dok/Pagaralam Pos
ANTRE PAJAK: Tampak sejumlah masyarakat selaku WP, antre tunggu giliran mengurus pajak kendaraan di Kantor Samsat Kota Pagaralam.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPTD) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Pagaralam, akan diliburkan mengikuti instruksi pemerintah.

Untuk itu, masyarakat diimbau untuk segera membayar pajak, terlebih sebelum jatuh tempo. Bagi pemilik kendaraan yang jatuh tempo, pada tanggal 1 Juni hingga 9 Juni 2019, bisa mengurus pajak pada tanggal 10 Juni 2019. Dan tidak akan dikenakan denda atau biaya-biaya tambahan, karena mulai tanggal 2 Juni hingga 9 Juni 2019, sudah masuk cuti bersama Lebaran.

“Jum’at (31/5) ini, kita tetap memberikan pelayanan seperti biasa, tapi terhitung pada tanggal 1 Juni – 9 Juni 2019 kita libur, baru masuk kerja melayani masyarakat, yang ingin bayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) itu tanggal 10 Juni 2019,” ujar Kapolres Pagarlaam AKBP Tri Saksono Puspo Aji SIk MSi melalui Kasatlantas Polres Pagaralam AKP Baroya didampingi PS Kanit Regident Aipda Syaifudin Z SE MM.

Dikatakan Syaifudin, kendaraan yang jatuh tempo pada tanggal 1 Juni hingga 9 Juni 2019 nanti, bisa mengurus pajak pada tanggal 10 Juni. Dan tidak dikenakan denda atau biaya tambahan, lewat dari tanggal 10 Juni, maka bila mengurus pajak kendaraan, yang telah masuk jatuh dempo dikenakan denda.

“Artinya, selama Libur Lebaran Idul Fitri 1440 H, ada keringatan waktu bila mengurus jatuh tempo pajak kendaraan, masyarakat lebih baik mengurus pajak kendaraan itu, sebelum pelaksanaan cuti bersama,” ungkapnya.

Disinggung apakah ada lonjakan, dalam pengurusan pajak kendaraan mendekat Hari Raya Idul Fitri, Syaifudin menuturkan, jika sampai saat ini, pelayanan berjalan masih seperti biasanya, tidak ada gejolak memblidaknya pengurusan pajak kendaraan di UPTD Samsat Kota Pagaralam.

“Kita mengimbau kepada masyarakat, selaku Wajib Pajak (WP) kendaraan bermotor, jangan sampai terlena dengan adanya libur panjang ini, sebab pada tanggal 1 Juni hingga 9 Juni 2019 pelayanan tutup, akan tetapi tanggal 10- Juni 2019 bisa secepatnya daftarkan pajak kendaraan itu, daripada terkena denda,” imbuhnya. (09)

Previous Begitu Keji, Ayah Kandung Diduga Tega Cabuli Dua Putrinya
Next Imbau Warga, Cek Kondisi Rumah Sebelum Ditinggal Mudik Lebaran