Legawa Persipura Jayapura Dibubarkan


PAPUA- Persipura sebenarnya bakal tampil pada Piala AFC 2021, namun klub berjuluk Mutiara Hitam itu kesulitan masalah finansial.
Manajemen Persipura Jayapura telah mengumumkan bahwa mereka membubarkan tim karena kesulitan finansial yang dialami di tengah ketidakjelasan kompetisi Liga 1, yang awalnya bakal digelar Februari tahun ini.
Liga 1 2020 bakal bertajuk 2020/21 jika memang bisa terlaksana pada Februari, namun hal tersebut semakin guram karena hingga saat ini belum ada pengumuman lebih lanjut dari PSSI atau pun PT Liga Indonesia Baru (LIB).
Ketidakjelasan kompetisi ini membuat sponsor menarik diri dan membuat Persipura kehilangan salah satu sumber pemasukan mereka. Hal ini memaksa manajemen untuk membubarkan tim, karena berat soal kegiatan operasional.
Kompetisi domestik memang tidak jelas, namun sebenarnya Persipura juga wakil Indonesia untuk Piala AFC 2021 dengan status mereka sebagai posisi tiga Liga 1 2019, dan mampu mendapatkan lisensi klub profesional AFC.
Hanya saja manajemen sudah mendeklarasikan bahwa situasi saat ini berat, setelah Bank Papua tidak bisa memenuhi nilai sponsor mereka, dikarenakan Liga 1 hingga kini belum jelas, dan hal ini berdampak untuk Persipura.
Jacksen Tiago sebagai pelatih Mutiara Hitam memandang hal yang terjadi saat ini dengan tenang. Pelatih asal Brasil itu memandang segalanya memang sedang tidak pasti, maka ia harus menerima soal keputusan manajemen saat ini.
“Apakah jadwal resmi Piala AFC sudah keluar saat ini? Belum ada, bukan? Maka dari itu tidak ada masalah sama sekali [pembubaran],” ungkap Jacksen ketika dihubungi awak media.
Persipura bakal tampil melalui jalur play-off dan sudah pasti persiapan bisa diukur jika memang sudah ada ketetapan mengenai jadwal. Hal ini yang membuat Jacksen bisa menerima jika tim untuk sementara dibubarkan.
“Untuk melakukan dan memulai sebuah persiapan tim tentu saja kami membutuhkan jadwal yang pasti terlebih dahulu. Karena hal itu adalah dasar dari rencana,” urai mantan arsitek Barito Putera tersebut.
“Jadi untuk saat ini tidak masalah, atau tidak ada hal yang dikhawatirkan sama sekali,” beber mantan pemain Persebaya Surabaya ini.
Piala AFC memang belum menjanjikan karena pada tahun 2020 saja, kompetisi tersebut berhenti di tengah jalan. AFC sebagai pemilik kompetisi tersebut belum memberikan informasi lebih lanjut, bagaimana Piala AFC musim ini digelar di tengah pandemi virus corona.

Previous Tujuh Kepala Daerah Terpilih Dilantik 17 Februari
Next Akses Warga Dua Dusun Terputus