Leasing Mandek, Omzet Menurun


EMPAT LAWANG – Lantaran tidak adanya pihak ketiga dalam pembiayaan kredit kendaraan bermotor (perusahaan leasing). Sejumlah dealer motor di Kabupaten Empat Lawang, khususnya Tebing Tinggi, mengalami penurunan omzet penjualan.

“Kini perusahaan leasing tidak lagi melakukan pembiayaan bermotor, jadi kalau ingin beli motor tidak bisa lagi kredit, langsung cash. Dan itu menyebabkan daya jual beli masyarakat menurun drastis, secara langsung berdampak pada omzet penjualan kita,” ungkap Ahmad Hapawi, Kepala Cabang PD Panca Motor Yamaha, kemarin.

Diakuinya, saat dulu perusahaan leasing masih aktif melakukan pembiayaan, pihaknya mengalami panen besar, penjualan motor laris manis bak kacang goreng. “Kalau dulu, dalam sebulan kita pernah menjual puluhan bahkan ratusan motor. Namun semenjak perusahaan leasing sudah tidak melakukan pembiayaan lagi, kini sebulannya tak lebih 4 hingga 5 unit motor saja yang terjual,” katanya.

Dituturkannya, telah banyak perusahaan leasing yang mengalami gulung tikar lantaran kredit macet. “Sekitar 3 hingga 4 perusahaan leasing yang sudah pergi dari sini, kasusnya sama, kredit macet. Saya sudah mecoba berapakali ke sana ke mari mencari leasing yang mau melakukan pembiayaan, namun sejauh ini belum ada yang mau,” ujarnya.
Melihat kondisi demikian, pihaknya berinisiatif membuka cabang di kabupaten dan kota Sumatera Selatan guna meningkatkan omzet penjualan. “Di Tahun ini kita berencana membuka cabang di Lahat, Lubuk Linggau dan Musi Rawas. Mudah-mudahan kedepan semua berjalan lancar,” pungkasnya. (07/CE-V)

Previous Musim Duren Berakhir Harga Melonjak
Next Pisahsambut Kadisdik Penuh Keakraban dan Haru