Laporan Dana Kampanye Carut Marut


EMPAT LAWANG – 12 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 di Empat Lawang belum semuanya melaporkan perihal dana kampanye.

Bahkan, beberapa Parpol baru memberikan laporan tersebut sehari setelah batas akhir pengumpulan, bahkan ada Parpol yang sama sekali tidak menyertakan dana kampanye atau nihil.

Hal itu menyulut Ketua Panwaslu Empat Lawang, Zawani angkat bicara sebab apa yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Parpol telah menyalahi aturan. “Aneh kalau laporannya nihil, bagaimana bisa kampanye ?,” tanya zawani, kemarin.

Menurutnya, Parpol masih belum mengerti dan serius terkait masalah tekhnis peraturan, bahkan sudah mengabaikan aturan-aturan yang baku. “Parpol banyak yang tidak tahu, kami mempertanyakan Parpol yang sudah sosialisasi tetapi dalam laporan dana kampanye malah nihil,” ucapnya.

Zawani mengaku, pihak Panwaslu akan menyurati KPU Empat Lawang yang kini telah diambil alih KPU Propinsi Sumsel. “Kita surati KPU, ini sudah menjadi masalah, jangan sampai berlarut-larut,” tuturnya.

Sumber dalam KPU Empat Lawang menyebutkan, hingga kemarin sebagai batas akhir pelaporan dana kampanye hanya beberapa Parpol saja yang mengumpulkan, bahkan Partai Nasdem dilaporkannya tidak menyertakan dana kampanye. “Partai Nasdem laporannya nihil, padahal sudah diberitahu tentang laporan ini, ada beberapa Parpol juga belum melaporkan dana itu,” ucapnya.

Sementara, Sekretaris KPU Empat Lawang, Mohammad Mursyadi belum bisa berkomentar perihal dana kampanye tersebut, sebab ia menyerahkan semua kepada panitia. (07)

Previous Bentuk Satgas Reaksi Cepat
Next Komplotan Bereteh Lintas Provinsi Dibekuk