Lahan Tranmigrasi Direbut PT Lonsum Diukur Ulang


Foto : Heru/Pagaralam Pos
RAPAT : Sekda Lahat, Januarsyah Hambali saat rapat sengketa lahan ex transmigrasi dengan PT Lonsum, Jumat (8/11).

PAGARALAM POS, Lahat – Terkait perkara sengketa lahan seluas 165 ha, antara warga Eks Transmigrasi SP 4, Desa Purwaraja, Kecamatan Kikim Timur, Lahat, dengan perusahaan sawit PT Lonsum. Sekda Lahat, Januarsyah Hambali mengatakan, sekitar dua pekan lagi akan dilakukan pengukuran dan pemetaan ulang. Sehingga persoalan yang sudah berlarut ini, bisa terselesaikan.




Januarsyah menyadari, persoalan sengketa lahan ini sudah berlangsung selama 11 tahun lalu. Sudah menjalani rapat hingga 37 kali. Untuk itu ia meminta warga harap lebih bersabar. Pemkab Lahat sudah meminta Kanwil BPN Palembang, langsung turun ke lapangan lakukan pengukuran dan pemetaan ulang. Sesuai batas wilayah Desa Purwaraja, dengan HGU PT Lonsum sesuai izin lokasi. “Yang perlu digaris bawahi ialah, HGU PT Lonsum bersinggungan dengan lahan Desa Purwaraja. Serta dalam izin lokasi PT Lonsum, Desa Purwaraja tidak termasuk. Saat pengukuran nanti, silakan saksikan langsung,” kata Januarsyah belum lama ini.

Sementara, legal PT Lonsum, Agus Efendi menjelaskan, persoalan dengan SP4 Desa Purwaraja sudah ada penyelesaian dengan warga transmigrasi pada tahun 2016 lalu. “Kami pikir persoalan ini sudah selesai, sudah ada konpensasinya,” jelas Agus. (mg02)

Previous Keberadaan Aset Daerah Sering Terabaikan
Next Tidak Ada Target, Optimis Dapat Emas