Lahan Lima Desa Eks Tranmigrasi Disertifikatkan


Foto : Adi/Pagaralam Pos
Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang, Aidil Yuliansyah

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, akan mensertifikasi lahan pertanian masyarakat di kawasan eks transmigrasi, di Kabupaten yang memiliki semboyan ‘Saling Keruani Sangi Kerawati’ ini.

Bahkan, pendanaan untuk kegiatan sertifikasi lahan pertanian masyarakat Eks transmigrasi tersebut, sudah dimasukan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun anggaran 2020 ini.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang, Aidil Yuliansyah melalui Kabid Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang, Fafif Fortuna mengatakan, di Kabupaten Empat Lawang, ada lima Desa Eks Transmigrasi.

Desa-desa tersebut antara lain, di Kecamatan Tebing Tinggi ada Desa Mekar Jaya, Desa Mekarti Jaya dan Pancur Mas. Dua Desa lagi yakni Desa Tanjungning Jaya Kecamatan Saling dan Desa Lubuk Puding (Dalam) Kecamatan Kecamatan Ulu Musi. “Untuk program sertifikasi lahan pertanian, pada tahun ini kita baru bisa melaksanakan program itu di Desa Lubuk Puding. Insyaallah tahun-tahun berikutnya kita upayakan ke Desa-desa eks transmigrasi lainnya,” ungkap Fafif, kemarin.

Dia menyebut, dipilihnya Desa Lubuk Puding untuk mengikuti program sertifikasi lahan pertanian pada tahun ini, karena desa ini dianggap lebih siap mengikuti program karena pemerintah desa setempat sudah mengajukan permohonan dan pihaknya akan mensertifikasi 50 persil lahan pertanian di Desa itu. “Desa eks trans lain sebenarnya sudah kita beritahu, namun karena mungkin ada hal yang belum siap, mereka belum bisa ikut program,” katanya.
Sementara tambah dia, untuk desa eks transmigrasi di Kecamtan Tebing Tinggi, ada informasi jika semuanya sudah tersertifikasi. “Nah ini yang akan kita cari tahu, sertifikatnya disimpan di mana dan apa kendalanya dengan masyarakat, nanti kita coba cari solusi,” imbuhnya. (Ac07)

Previous Ratusan Kepsek di Lahat Diganti
Next Jalin MoU Sinergisitas Program P4GN