KPU Segera Lelang Berkas dan Dokumen Pemilu


Foto : Adi/Pagaralam Pos
SIAPKAN : Personel KPU Empat Lawang, ketika menyiapkan sejumlah dokumen yang akan dilelang

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Empat Lawang, segera melelang kertas, kotak suara dan sejumlah dokumen yang menyertainya, bekas pelaksanaan Pilkada Empat Lawang 2018 dan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 lalu.

Hal ini menyusul telah disetujuinya pelelangan barang-barang arsip milik negara tersebut oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), yang surat keputusannya telah disampaikan kepada KPU RI, untuk diteruskan ke KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.




Ketua KPU Kabupaten Empat Lawang, Eskan Budiman mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pembongkaran kotak suara untuk mengeluarkan seluruh dokumen yang ada di dalam kotak suara tersebut.

Tidak hanya dibongkar, kata Eskan, seluruh dokumen itu di-packing dan kotak suara dilipat. “Dalam hal ini kita hanya mempersiapkan saja barang-barang yang akan dilelang,” ujar Eskan didampingi Komisioner KPU Kabupaten Empat Lawang divisi Hukum dan Pengawasan, Hendra Gunawan dan Komisioner Bawaslu Kabupaten Empat Lawang divisi Hubungan Antar Lembaga, Andri Logan saat dibincangi wartawan, di salah satu gudang milik KPU Kabupaten Empat Lawang, Selasa (3/12).




Untuk pelaksanaan lelang lanjutnya, akan diserahkan ke pihak Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Lahat. “Kalau waktu lelangnya, saat ini kita masih menunggu perintah KPU RI di Jakarta. Dalam artian, saat ini merupakan tahapan proses lelang,” katanya.

Komisioner KPU Kabupaten Empat Lawang divisi Hukum dan Pengawasan, Hendra Gunawan menimpali, pelaksanaan lelang akan dilakukan secara terbuka. Siapapun berkesempatan memenangkan lelang jika sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dan dinyatakan menang oleh pelaksana lelang. “Pada dasarnya, lelang ini bertujuan memusnahkan dokumen-dokumen yang ada ini. Jika nanti lelang dinyatakan gagal, tetap akan kita musnahkan dan tentunya sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, tidak asal musnah saja,” tukasnya. (Ac07)

Previous Setahun Buron, 2 Pelaku Ranmor Dibekuk
Next Petani Tewas Diduga Kuat Diterkam Harimau