Kotoran Sapi Dijadikan Bio Gas


Foto : Pidi/Pagaralam Pos ALTERNATIF : Sebentar lagi proses pembuatan pengolahan bio gas di Dusun Jambat Akar akan segera dinikmati hasilnya.
Foto : Pidi/Pagaralam Pos
ALTERNATIF : Sebentar lagi proses pembuatan pengolahan bio gas di Dusun Jambat Akar akan segera dinikmati hasilnya.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) memang membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin. Buktinya, kotoran sapi bisa diolah menjadi sumber energi alternatif, yaitu bio gas. Di Pagaralam, bio gas dikembangkan di Dusun Jambat Akar, Kelurahan Jangkar Mas, Kecamatan Dempo Utara. Nantinya, bio gas ini akan menjadi bahan bakar untuk dapur rumah tangga penduduk setempat.

Ketua Poktan Setia A Jamal mengatakan, proses pembuatan tempat pengolahan bio gas masih berjalan. “Saat ini kita sedang membuat lubang untuk menempatkan tabung yang dijadikan sebagai tempat penampungan kotoran sapi. Langkah selanjutnya adalah memasang pipa dan dua unit bak penampungan.

Setelah semua proses pembuatan pengolahan bio gas rampung, maka hasilnya akan langsung dirasakan. “Untuk sementara, diperkirakan 10 rumah warga yang akan menikmati bahan bakar dari bio gas itu. Kalau penampungannya lebih besar, tentu yang menikmatinya akan lebih banyak lagi. Bio gas dari kotoran sapi, aman untuk digunakan untuk dapur rumah tangga. Bahkan bio gas lebih aman dan ekonomis dari liquid petrolium gas (LPG). Yang pasti, gas tidak berbau dan warna api yang dihasilkannya juga berwarna sama seperti dari LPG,” bebernya.  (11/CE-V)

Previous Sarana dan Fasilitas Olahraga Minim
Next Tolak Pemberlakuan Tarif 10 Persen