Korban Kebakaran Bisa Dapat Bantuan Material


PAGARALAM POS, Empat Lawang – Korban bencana kebakaran, selain bisa mendapatkan bantuan tanggap darurat, juga bisa mendapatkan bantuan sosial lain dari Pemerintah, seperti bantuan material bangunan.

Hal tersebut dikatakan Kasi Penanggulangan Bencana Alam pada Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan, Amir Sutisna. Dia menyebut, pengajuan bantuan sosial lain bagi para korban bencana selain bantuan tanggap darurat, ada syarat-syarat yang mesti dipenuhi. “Biasanya, salah satu syarat penting, yang mesti dipenuhi calon penerima bantuan, ada lahannya terlebih dahulu. Kepemilikan bisa dibuktikan dengan adanya sertifikat tanah, bukan nyewa,” ucap Amir Sutisna.

Korban bencana kebakaran juga harus mempersiapkan dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK) dan KTP, sebagai syarat admistrasi. “Namun pada intinya, kepemilikan lahan bukan lahan pemerintah, lahan sengketa atau lahan sewa. Lahan yang akan dibangun adalah benar lahan milik pribadi yang bersangkutan,” paparnya.

Lebih lanjut Amir Sutisna mengatakan, bantuan kepada korban kebakaran tentu saja tidak bisa serta merta diberikan. Tidak semua korban kebakaran yang bisa dapat bantuan, karena ada syarat-syaratnya. “Kalau memang memenuhi syarat, tentu segera kita ajukan untuk mendapat bantuan,” ujarnya.

Dia juga menyebut, penyelesaian pemberian bantuan bagi korban kebakaran, pemerintah juga memiliki SOP tersendiri. Jika ada anggarannya bisa diselesaikan Pemerintah Kabupaten/Kota, maka cukup pemerintah kabupaten/kota yang menyelesaikan. Namun kalau tidak ada, baru Pemerintah Provinsi yang menyelesaikan. “Kalau Pemerintah Provinsi juga tidak sanggup, baru bisa diajukan ke Kementerian,” tukasnya. (Ac07)

Previous PT LPPBJ Akui Kehabisan Modal
Next Manfaatkan Lahan Kosong