Kopi Robusta Pagaralam Diakui Kualitasnya


Foto: Ist ROBUSTA : Kopi robusta Pagaralam diakui kualitasnya dibuktikan dengan sertifikat indikasi geografis dari Kemenkumham.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Kementerian Hukum dan HAM menerbitkan sertifikat indikasi geografis (IG) untuk kopi robusta Pagaralam. Dampaknya, kopi robusta Pagaralam akan terlindungi sekaligus diakui kualitasnya.
Ketua Masyarakat Peduli Indikasi Geografis (MPIG) Kota Pagaralam, Hendi Romiko SPd mengatakan, sertifikat IG kopi robusta Pagaralam sudah terbit sejak September lalu. Sertifikat ini diterbitkan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham. “Karena masih kondisi pandemi Covid-19, sertifikatnya belum bisa kita ambil ke sana,” ujar Hendi, ketika dihubungi Pagaralam Pos kemarin malam.
Dikatakan Hendi, terbitnya sertifikat IG untuk robusta Pagaralam itu merupakan pengakuan negara akan keberadaan kopi robusta dengan segala kekhasannya. Kekhasan ini tak didapati di kopi-kopi daerah lain. “Jangan sampai kopi dari daerah lain disebut juga sebagai kopi Pagaralam,” ujarnya.
Sertifikat IG juga membuktikan bahwa kualitas kopi robusta Pagaralam sudah teruji. Ujiannya sudah dilewati melalui laboratorium, sehingga tidak ada keraguan lagi dengan kopi robusta di kaki Dempo ini. “MPIG menjamin bahwa kualitas kopi robusta Pagaralam terbaik,” kata Hendi seraya berharap, kopi yang sudah diakui terbaik harganya dapat naik. (Pid11)

Previous Wako-Ketua TP PKK Terima Penghargaan
Next Desember, GOR Ditarget Rampung