Konsumsi Daging Tinggi, Aktivitas Pemotongan Sapi Meningkat 2kali Lipat


Foto: dok/Pagaralam Pos
CENDRUNG TINGGI: Konsumsi gading sapi selama bulan suci Ramadhan, diklaim cenrung mengalami peningkatan.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Meningkatnya konsumsi daging di bulan Ramadhan, seakan sudah jadi pemandangan setiap tahunnya. Hal ini membuat petugas Bagian Peternakan Dinas Pertanian intens melakukan pengawasan terkait peredarannya hingga aktivitas pemotongan sapi pedaging di Rumah Potong Hewan (RPH) atau yang dijual di sejumlah pasar tradisional.




“Memasuki bulan puasa, permintaan daging naik dari biasanya. Tentunya, aktivitas pemotongan sapi juga bertambah di RPH,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kota Pagaralam, Jumaldi Jani SP melalui Kabid Peternakan, Tugas SP kepada Pagaralampos.com.




Pemotongan dihari biasa saat pendataan di RPH sebutnya, sekitar tiga ekor sapi setiap harinya. “Sejak bulan Puasa, pemotongan meningkat dua kali lipat,” sebut Tugas seraya menambahkan aktivitas pemotongan sapi, salahsatu sumber retribusi atau (PAD) daerah.




Lanjut Tugas, peredaran daging sapi yang dijual pedagang di sejumlah pasar tradisional, dalam kondisi baik (sehat). “Kita tetap melakukan pengawasan di lapangan hingga ke penjual daging. Sejauh ini, belum ada temuan atau laporan sapi terkena penyakit. Begitupun dengan temuan cacing hati. Jika pun ada, akan segera kita tindak lanjuti. Masyarakat untuk cermat sebelum membeli,” tegasnya. (06)

Previous MIRIS... Lihat KNPI Dibekukan, Begini Keprihatinan Mantan Ketua KNPI Pagaralam
Next Polisi Bubarkan Balap Liar di Jalan Keban Agung