Komitmen Bebas Korupsi dan Birokrasi Bersih


PAGARALAM POS, Pagaralam – Mewujudkan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) serta wilayah bersih birokrasi dan melayani (WBBM), Pengadilan Negeri Kota Pagaralam bersama unsur Forkopimda menggelar penandatanganan pakta integritas, kemarin (14/2).




Ketua PN Pagaralam, Saut Erwin Hartono A Munthe SH MH menyampaikan, kegiatan ini tak lain merupakan momen pencanangan zona integritas ini sebagai bentuk reformasi birokrasi. “Intinya, mengapa kita melakukan penandatangan zona integritas ini, agar ke depan pelayanan serta birokrasi semakin baik serta transparan seperti yang diharapkan masyarakat,” katanya ditemui Pagaralam Pos di ruang kerjanya.




Lanjut Saut Erwin, tidak ada lagi aparatur, baik itu pejabat atau ASN serta jajarannya tersandung kasus pelanggaran hukum. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya kesepakatan atau komitmen bersama melalui pencanangan zona integritas pada hari ini.
Turut hadir pada kesempatan tersebut, Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni, Kapolres Pagaralam, AKBP Tri Saksono Puspo Aji; Dandim 0405 Lahat, Letkol Inf Sungudi, Kasi Pidum Kejari Pagaralam, Mahendra SH MH; Kepala PA Pagaralam, Saputra Atma Negara, Kepala BNNK Pagaralam, Andi Kurniawan.




Adapun pencanangan zona integritas WBK dan WBBM ini berlandaskan UU No.28 tahun 1999 tentang penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas korupsi dan nepotisma. UU No.14 tahun 2008 tentang keterbukaan publik, UU No.25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.




“Untuk menujuWBK dan WBBM ini, tentunya suatu unit kerja memenuhi manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja, juga penguatan kualitas pelayanan publik,” pungkasnya.




Sementara Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni menyampaikan, dirinya menyambut baik pencanangan zona integritas dalam memwujudkan wilayah bebas korupsi dan birokrasi yang bersih yang dituangkan dalam penandatanganan komitmen bersama di Pengadilan Negeri. Khususnya untuk penyelenggaraan keterbukaan pelayanan di sejumlah Satker di lingkungan Pemkot Pagaralam. “Kita siap dukung penuh pakta integritas komitmen bersama tersebut,” ujarnya. (06/CE-V)

Previous Do’akan Pilpres dan Pileg Aman dan Sejuk
Next Manfaatkan Teknologi Informasi Secara Bijak Dan Optimal