Kesadaran Tertib Lalin Meningkat, Dishub Tambah 150 Traffic Block


Foto: Madhon/Pagaralam Pos
TRAFFIC BLOCK: Keberadaan traffick block terdapat di Kantor Dishub, siap digunakan penertiban arus lalulintas di kawasan pasar.

PAGARALAM POS, Karang Dalo – Percobaan pengalian arus lalulintas diadakan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pagaralam bekerjasama dengan Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Pagaralam, dengan menerapkan one way system atau sistem satu jalur, berada di kawasan pasar Dempo Permai terbukti ampuh.




Hingga kini, secara perlahan tingkat kesadaran masyarakat Pagaralam untuk mematuhi alur yang telah ditata sudah mulai kelihatan dengan tertib melintasi ruas jalan mulai dari Jl Trip Yunus, Jl Peltu Manalis, Jl Sersan Ali Aras dan Jl Lettu Hamid.




“Ya, sejauh ini pengendara sepeda motor dan mobil yang melintas di kawasan jalan Trip Yunus, Jl Peltu Manalis, Jl Sersan Ali Aras dan Jl Lettu Hamid ini sudah cukup tertib, dan hanya tinggal masalah parkir kendaraan saja yang perlu penataan lagi,” terang Kepala Dishub Kota Pagaralam, Paber Napitupulu AP MSi, melalui Sekretaris, Novi Endri ST, didampingi Kabid Teknik Sarana dan Prasarana (TSP), Samsuri SE.




Beranjak dari hal inilah, kata Samsuri, belum lama ini pihaknya melakukan pengadaan penambahan traffic block untuk dipergunakan sebagai pembatas jalan, sebagai bentuk bagian dari penertiban arus lalulintas di kawasan pasar. “Kondisi traffic block lama, meski sebagian ada yang bagus, kini sudah pada rusak, yang diakibatkan karena terkena panas dan hujan, tapi masih bisa kita gunakan untuk sementara waktu ini,” paparnya.




Mengenai jumlah keberadaan traffic block baru ini tambah Samsuri, ada sekitar 150 traffic block yang nanti akan difungsikan untuk pemisah lajur di kawasan pasar Dempo Permai. “Kalau bisa nanti pemasangan traffic block itu dapat dipatenkan, karena melihat 3 bulan giat sosialisasi pengaturan arus Lalin itu semua berjalan baik dan lancar,” sebutnya.




Soal pematenan pemasangan traffic block itu, ditegaskan Samsuri masih menunggu perintah dari Kepala Dishub Kota Pagaralam. “Harapan kita, dengan keberadaan traffic block baru tersebut minimal dapat mencukupi kebutuhan bila nanti ada penertiban. Tak kalah penting juga tingkat kesadaran masyarakat dalam mematuhi tata tertib berlalulintas bisa terus meningkat,” harapnya. (09/CE-V)

Previous Jalan Tanjung Cermin, Panas 'Mandi' Debu Hujan 'Mandi' Lumpur
Next Soal Program KOTAKU, Ini Impian Besar Lurah Nendagung