Kerusakan Hutlin Meluas


PAGARALAM POS, Pagaralam – Personel Tenaga Penjaga dan Pengawas Hutan (TPPH) Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kota Pagaralam kembali dibuat repot dengan ditemukannya penebangan di area yang dilindungi. Parahnya, kerusakan malah meluas ke arah puncak Dempo.

Kadishutbun Kota Pagaralam Ir. M. Syarbani melalui Kabid Rehabilitasi dan Pengawasan Hutan Dekky Aprizal SP mengatakan, belum lama ini petugas TPPH kembali menemukan kawasan hutan lindung (Hutlin) di kawasan Talang Kibo, Dusun Kerinjing, Kelurahan Agung Lawangan, Kecamatan Dempo Utara ditebangi.

“Kerusakan hutan lindung di Kibo kembali meluas, TPPH kembali menemukan hutan yang baru dibuka dengan cara pohonnya ditebangi warga. Diperkirakan areal hutan rusak sedikitnya 6 hektar. Meluasnya kerusakah hutan lindung Bukit Dingin di Gunung Dempo mulai merambah di ketinggian 1600 mdpl (meter di atas permukaan laut),” ungkap Dekky.

Masih adanya temuan kerusakan Hutlin akibat ulah oknum tak bertanggungjawab ini, diakui Dekky, pihaknya masih terkendala sanksi tegas yang diberikan. Untuk sanksi bagi para pelaku pembuka lahan di hutan lindung ini masih sebatas pembinaan, belum dilakukan sanksi tegas. Temuan kerusakan Hutlin ini akan kembali ditinjau, apakah masuk di lokasi lahan yang bakal dijadikan hutan kemasyarakatan (HKM).

Sementara ditambahkan Kabid Inventaris dan Tata Guna Hutan, Topanzar Napoleon, terkait adanya temuan kerusakan hutan akan dikroscek kembali ke lapangan apakah di lokasi rencana HKM atau tidak. (06/CE-V)

Previous Waspada, Depot Isi Ulang Belum Sertifikasi Layak
Next Sel Tahanan Mapolres Memprihatinkan