Kerahkan 1.314 Hansip Linmas


Foto: Madhon/Pagaralam Pos DIALOG: Kasat Pol-PP Bhakti N Msi, berikan informasi kepada masyarakat dalam dialog interaktif bersama Radio Besemah FM, kemarin.
Foto: Madhon/Pagaralam Pos
DIALOG: Kasat Pol-PP Bhakti N Msi, berikan informasi kepada masyarakat dalam dialog interaktif bersama Radio Besemah FM, kemarin.

PAGARALAM POS, Nendagung – Dalam rangka menyukseskan pesta demokrasi Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam, melalui Badan Satuan Polisi Pamong Praja dan Lindungan Masyarakat (Sat Pol-PP dan Linmas) akan mengerahkan sebanyak 1.314 hansip dan Linmas, yang tersebar di lima kecamatan se-Kota Pagaralam.

Kepala Badan Sat Pol-PP dan Lindungan Masyarakat, Drs. Bhakti N MSi mengatakan, dalam menyukseskan Pileg dan Pilpres nanti, Pemkot Pagaralam mengajak masyarakat bersama-sama mengawasi jalannya pemilihan, dengan mengadakan perekrutan hansip Linmas tingkat kelurahan hingga kecamatan. Nantinya, akan ditugaskan menertibkan kampanye hingga membantu memelihara keamanan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayahnya masing-masing.

“Sesuai dengan Peraturan Menteri dalam Negeri (Permendagri) Nomor 10 tahun 2009 tugas Linmas antara lain, menjaga dan memelihara ketenteraman, ketertiban TPS, membantu di dalam membersihkan tanda-tanda gambar, atau alat peraga kampanye yang dipasang oleh peserta kampanye, membantu mengamankan pengumuman Ketua KPPS tentang tempat dan waktu pemungutan suara kepada peserta pemilu dan lain sebagainya,” jelasnya.

Ditambahkan Bhakti, tugas Linmas lainnya adalah pelaksanaan penanganan pada tahap pemungutan suara, mempersilakan para pemilih yang akan masuk ke TPS, serta mempersilahkan para pemilih untuk meninggalkan TPS dan mengambil barang titipannya, setelah para pemilih melaksanakan hak pilihnya.

“Dalam hal pengamanan penghitungan suara tugas Linmas ini mengatur ketertiban para pemilih yang akan memilih dan masyarakat yang akan menyaksikan pelaksanaan penghitungan suara di TPS, mengawal pengiriman kotak suara dari TPS ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kantor kelurahan hingga kecamatan setelah KPPS membuat berita acara dan sertifikat hasil penghitungan suara di TPS, atau juga penerimaan dan rekapitulasi jumlah suara, untuk tingkat desa dan kelurahan,” terangnya.

Sementara, mengenai jumlah Hansip Linmas ditugaskan menyukseskan Pileg dan Pilpres 2014 ini terdapat 1.314 orang, terdiri dari Hansip TPS 900 orang, Hansip kecamatan 120 orang, Hansip kelurahan 210 dan Hansip di kawasan kota 84 orang. Nantinya, akan disebar di 450 TPS di Kota Pagaralam.

“Salahsatu keberhasilan Pileg dan Pilpres ini ada di tangan Hansip Linmas, mari kita turut serta menyukseskan Pileg dan Pilpres 2014, agar dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan yang diinginkan. Bagi masyarakat selaku pemilih, gunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani, sehingga akan melahirkan pemimpin yang sesuai harapan,” pungkasnya. (09/CE-V)

 

Previous Mulai Diselimuti Kabut Asap
Next Lestarinya Seni Musik Tradisional di Kerinjing