Kemenag Usulkan Jamaah Lansia


PAGARALAM POS, Pagaralam – Guna memangkas panjangnya daftar tunggu haji, Kantor Kementrian Agama Kota Pagaralam, tahun depan kembali akan mengusulkan calon haji berusia lanjut usia (lansia) agar bisa diberangkatkan.




Diakui Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Pagaralam, H Win Hartan melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H Silahudin, sejauh ini daftar tunggu haji untuk Kota Pagaralam cukup panjang. Namun, berdasarkan kebijakan Pemerintah Pusat melalui Kementrian Agama telah membuat sejumlah kebijakan memprioritaskan calon jemaah haji lansia untuk diberangkatkan melalui pembagian sisa kuota haji. “Jika tahun ini saja mendaftar, dipastikan jamaah calon haji bersangkutan akan baru diberangkatkan sekitar pada tahun 2038,” bebernya.




Pihaknya kata Silahudin, tahun ini sudah mengusulkan calon jamaah haji lansia kriteria berumur lebih dari 75 tahun ke Kanwil Kemenang Provinsi, dan telah mendapat sekitar puluhan lansia telah diberangkatkan. Diharapkan tahun depan kembali disetujui lebih banyak lagi lansia bisa diberangkatkan. “Dari rekap kami, calon jamaah haji yang berusia diatas 75 tahun dan telah mendaftar pada tahun 2012 hingga 2013 ada sekitar 36 orang porsi jemaah lansia asal Kota Pagaralam telah kita usulkan, Insya Allah jka ada penambahan data lansia semuanya akan kita usulkan,” katanya.




Tahun depan lanjutnya, Kota Pagaralam diperkirakan mendapat lebih banyak dari tahun lalu, mencapai 91 kursi calon jamaah haji. “Kami berharap tahun ini kuota haji reluger Kota Pagaralam bisa ditambah lagi, termasuk usulan calon jamaah lansia,” pungkasnya. (08)

Previous Turun ke Lapangan Saat Kejadian
Next IPM Tunjukkan Tren Kenaikan