Kemarau Panjang, Kodim 0406 Gelar Sholat Istisqa’


Foto : Oyong/Pagaralam Pos
SHOLAT : Suasana Sholat Istisqa’ yang di gelar di lapangan Markas Kodim 0406/MLM Lubuk Linggau

PAGARALAM POS, Lubuklinggau – Musim kemarau yang sekarang berlangsung, sangat rentan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel). Karena itu, Kodam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M.Hum, menginstruksikan kepada seluruh satuannya untuk menggelar Shalat Istisqa’ atau shalat minta diturunkan hujan.

Oleh sebab itulah, Kodim 0406/MLM menggelar Shalat Istisqa’, bertempat di lapangan Markas Kodim 0406/MLM Jalan Garuda No. 1, Kelurahan Tanjung Indah, Kecamatan Lubuk linggau Barat I, Kota Lubuk linggau, yang diikuti Personel TNI, Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Musi Rawas, BPBD Kabupaten Musi Rawas, Ibu-Ibu Persit jajaran Kodim 0406/MLM, serta masyarakat umum, Senin (19/08).

Shalat Istisqa’ yang diimami Ustadz Zuhri MPd I (Pondok Pesantren Al Azhar) ini, untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, supaya dapat diturunkan hujan hingga bisa memadamkan api yang membakar hutan dan lahan di sejumlah wilayah Lubuk Linggau, Musi Rawas dan Musirawas Utara.

Komandan Kodim 0406/MLM, Letkol Inf M. A’an Setiawan, S.Sos, M.I.Pol. mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya Kodim 0406/MLM bersama jajaran dalam rangka membantu pencegahan Karhutla di wilayah Kodim 0406/MLM. Pasalnya sudah kurang lebih satu bulan ini belum ada hujan, dan ada beberapa titik api di berbagai daerah. “Kita melaksanakan shalat Istisqa’ untuk meminta hujan, karena kebakaran yang besar hanya kuasa Tuhan lah yang bisa memadamkannya,” ungkapnya. Ia juga mengatakan, bahwa dampak dari musim kemarau telah dirasakan oleh semua masyarakat, ketersediaan air mulai menipis dan lahan petani sudah mulai kekeringan, serta kebakaran hutan dan lahan yang terjadi. “Kita memohon kepada Allah SWT agar diturunkan hujan, agar kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan yang menimbulkan kabut asap segera berakhir,” ujarnya. (mg03)

Previous Simbol Persatuan PA, Kibarkan Merah Putih di Ketinggian 90 Meter
Next PT Artaprigel Potong 24 "Burung" Anak