KBR Cair, Poktan Siapkan Lahan Bibit


Foto: Edi/Pagaralam Pos SIAPKAN LAHAN: Anggota kelompok penerima KBR di Kelurahan Kuripan Babas membangun green house.
Foto: Edi/Pagaralam Pos
SIAPKAN LAHAN: Anggota kelompok penerima KBR di Kelurahan Kuripan Babas membangun green house.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Setelah melalui beberapa tahapan, akhirnya bantuan kebun bibit rakyat (KBR) di 2014 tahap pertama cair. Sesuai petunjuk, sejumlah kelompok yang mendapat suntikan dana untuk pelestarian hutan dari UPT Kementerian Kehutanan, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BP DAS) mulai melakukan persiapan lahan.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kota Pagaralam Ir. Syarbani, melalui Kabid Rehabilitasi dan Pengawasan Hutan Dekky Aprizal SP mengatakan, bantuan tahap pertama KBR sudah dicairkan melalui transfer rekening masing-masing kelompok penerima, senilai 40 persen dari bantuan Rp.50 juta. “Saat ini penerima sebanyak 10 kelompok, tersebar di tiga kecamatan, di antaranya Dempo Selatan, Dempo Tengah dan Pagaralam Utara, mulai melakukan persiapan lahan di lokasi mereka masing-masing,” ungkap Dekky.

Persiapan lahan ini nantinya kata dia, dijadikan lokasi pembibitan tanaman kayu atau jenis bibit tanaman multy purpose tree spicies (MPTS), seperti buah-buahan dan tanaman perkebunan, karet salahsatunya. “Dengan diterimanya bantuan KBR kurun dua tahun terakhir, sebagai upaya mendukung program pemerintah menggalakkan penanaman pohon yang digalakkan Pemkot Pagaralam,” sambungnya.

Pantauan Pagralam Pos di lapangan, salahsatu kelompok penerima KBR di Kelurahan Kuripan Babas, Kecamatan Pagaralam Utara, sedang menyiapkan bangunan Green House untuk mengembangkan bibit pohon bantuan tersebut.

Lurah Kuripan Babas Verizal R S Sos, “Green house yang dibangun akan dijadikan media pembibitan. Tak hanya tanaman kayu, pun bibit buah-buahan, duren salahsatunya. Program ini juga dapat membantu perekonomian masyarakat. Diharapkan bantuan ini dimanfaatkan dengan baik dan benar-benar dikembangkan, agar kedepan bisa bermanfaat,” harapnya. (10/06/CE-V)

 

Previous Belum Miliki Gudang Hasil Bumi
Next ABK Berhak Dapat Pendidikan