Kalangan Sepi, Distribusi Pangan Masih Aman


Foto: ist
PANGAN: Petugas DKPP Kota Pagaralam melakukan pemantauan harga dan distribusi pangan di sejumlah Pasar dan Kalangan.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Pantauan petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Pagaralam belakangan ini terkait distribusi pangan masih dinilai aman. Kendati demikian, imbas merebaknya wabah Covid 19 belakangan ini justru membuat pedagang gigit jari, lantaran lesunya transaksi di pasar, khususnya di sejumlah kalangan yang ada di wilayah kecamatan di Pagaralam.

Tidak hanya itu, beberapa harga kebutuhan pokokpun ada yang menunjukkan tren kenaikan harga. Hal ini dibenarkan pihak DKPP Kota Pagaralam, yang rutin memantau situasi harga dan distribusi pangan terkait kebutuhan pokok masyarakat.

“Saat ini untuk distribusi pangan atau sejumlah kebutuhan pokok masih aman, tidak ada gejolak. Namun ada beberapa harga kebutuhan yang naik dan sayuran justru ada yang turun,” ujar Kepala DKPP Kota Pagaralam, Sukman SE MM didampingi Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan melalui Kasi Distribusi Pangan, Nawi SP.

Dia mencontohkan kenaikan harga gula yang berada di kisaran Rp15.000 hingga Rp16.000/kg. Harga ini dijumpai di beberapa pasar kalangan. Namun jika di toko kelontongan justru lebih murah, Rp14.000. Berbeda dengan harga sayuran, semisal Cabe merah besar yang turun drastis menyentuh rata-rata harga Rp20.000/kg. “Padahal harga sebelumnya cabe sempat tembus Rp40.000/kgnya. Kondisi demikian tidak menutup kemungkinan imbas sepinya pembeli belakangan ini,” kata dia lagi.

Mengenai stok pangan atau sejumlah kebutuhan pokok di tengah wabah virus Corona ini. Jawab Nawi, untuk sementara masih aman dan tidak ada gejolak ataupun kelangkaan. “Distribusi pangan ini akan terus kita awasi. Dalam waktu dekat kita akan kembali melakukan pengecekan ke lapangan. Mengingat dalam waktu dekat juga akan menyambut bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri. Yang mana kebutuhan pangan bagi masyarakat harus cukup,” pungkasnya. (atg06/CE-V)

Previous LK3 Pagaralam Bagikan Paket Sembako Hingga APD
Next Kurangi Aktivitas di Luar Rumah