Kaki Guntur Terancam Diamputasi


Foto : Ist For Pagaralam Pos
RAWAT : Pihak medis saat merawat Guntur yang menderita kangker di bagian kaki, Kamis (16/7).

*Butuh Uluran Tangan Dermawan
PAGARALAM POS, Lahat
– Guntur Bagus Pradita Pratama (14), warga Desa Tanjung Menang, Kecamatan Tanjung Tebat, Lahat. Penderita Karsinoma Femur atau disebut kanker jaringan kulit, yang sebelumnya di bawa oleh Ketua PKK Kabupaten Lahat, Lidyawati Cik Ujang berobat di RSUD Lahat. Kini telah dirujuk ke RSUD M Rabain Kabupaten Muara Enim. Singkat cerita, untuk kesembuhannya, kaki kiri Guntur terpaksa harus diamputasi.

Camat Tanjung Tebat, Aria Pulun SE membenarkan kabar tersebut. Rabu (15/7) lalu dirinya bersama Ibu TP PKK Tanjung Tebat, Kades Tanjung Menang, dan Kepala Puskes, mengantarkan langsung Guntur ke RSUD M Rabain, Muara Enim. Sebelumnya, selama satu pekan Guntur sudah dirawat di RSUD Lahat. “Semoga Guntur cepat diberikan kesembuhan. Ini semua tidak lepas bantuan dari Ibu TP PKK Lahat, Lidyawati Cik Ujang, yang telah membantu memercepat pembuatan KTP, sehingga Guntur bisa ikut program berobat gratis,” kata Aria Pulun, Kamis (16/7).

Sementara, Kepala Puskes Tanjung Tebat, Martina menjelaskan, penyakit yang diderita Guntur sejenis kangker yang menyerang bagian kaki. Jika terus dibiarkan, kangker tersebut bisa saja terus meluas dan membesar. Sedangkan untuk penyebab pastinya belum diketahui, kalau penuturan keluarga akibat terjatuh. “Masih ada harapan untuk sembuh, salah satu jalannya harus diamputasi. Sebelumnya sudah masuk ke RSUD Lahat dan disarankan amputasi, tapi keluarga menolak. Setelah diberikan motifasi, akhirnya disetujui. Untuk jadwalnya belumnl diketahui kapan. Kondisinya sedang dipantau,” jelas Martina.

Disisi lain, Cadi, Kades Tanjung Menang menuturkan, jika tidak bisa ditangani ke RSUD Rabain, Guntur kemungkinan akan dirujuk ke Palembang. Untuk biaya pengobatan saat ini sudah ditanggung Pemkab Lahat. “Untuk berobat memang sudah ditanggung, tapi kami juga berharap ada tangan hamba Allah yang ikut simpati dan memberikan bantuan. Setidaknya untuk biaya keluarga selama proses penyembuhan di Palembang nanti,” tuturnya. (her18)

Previous Pastikan Kondisi Hewan Qurban Sehat
Next Warga Temukan Situs Megalit