Kagum, Namakan ‘Pintu Langit’


PAGARALAM POS, Pagaralam – Keindahan Cughup Tanjung Keling di Kelurahan Burung Dinang, Kecamatan Dempo Utara, membuat siapapun penasaran. Tak terkecuali bagi Walikota Pagaralam, dr. Hj. Ida Fitriati MKes. Orang nomor wahid di Bumi Besemah ini, bersama rombongan mengunjungi langsung cughup yang memiliki ketinggian kurang lebih 25 meter itu.

Dalam kesempatan itu, Walikota sempat memberikan nama baru bagi Cughup Tanjung Keling. “Saya kasih nama Cughup Pintu Langit. Alasannya, ketika dilihat dari bawah, cughup itu seperti menyerupai sebuah pintu gerbang,” ucap Ida tersenyum.

Nama itu kata Ida tidak akan dipatenkan. Sebab, dirinya ingin menjaga nama Cughup Tanjung Keling yang sudah dikenal warga sejak puluhan tahun lalu. “Lebih baik kita jaga nama yang lama. Ini untuk menghargai kearifan lokal yang telah ada,” terangnya.

Bangun Akses, Tunggu Hasil Uji Kelayakan

Salahsatu sarana penunjang bagi objek wisata, adalah tersedianya akses memadai. Sementara, akses menuju Cughup Tanjung Keling belum terlalu bagus. Masih jalan setapak dengan tingkat kemiringan lumayan tajam.

Sementara itu, Kabid Pengairan Dinas PU Kota Pagaralam, Dodi Satriawan ST menambahkan, pembangunan akses Cughup Tanjung Keling harus dilakukan dengan sistem sinergitas. Artinya melibatkan semua pihak terkait. Mulai dari Dinas PU, Bappeda dan tentu saja Disbudpar Pagaralam. “Nantinya, di sisi akses menuju Cughup Tanjung Keling akan dibuat tembok penahan. Selain mempercantik bisa juga ditanami aneka pohon,” terang Dodi. (11/CE-V)

Previous Uang Rp10 Juta Dirampas, Emas Dipreteli
Next Razia Ops Begal Dibekali Senjata Laras Panjang