Kades Tiga Kecamatan “Serbu” Kantor Camat


Foto : Adi/Pagaralam Pos
BUKA : Kepala DPMDP3A Kabupaten Empat Lawang, Agus Rochmad Basuki saat membuka kegiatan sinkronisasi perencanaan program Desa dengan program Kabupaten, di aula Kantor Camat Tebing Tinggi, kemarin.

*Ikuti Kegiatan Sinkronisasi Perencanaan Program
PAGARALAM POS, Empat Lawang
– Puluhan Kades dari tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Tebing Tinggi, Kecamatan Saling dan Kecamatan Talang Padang, berkumpul di Aula Kantor Camat Tebing Tinggi, kemarin.

Berkumpulnya puluhan Kades ini dalam rangka mengikuti kegiatan sinkronisasi perencanaan Program Desa dengan program Kabupaten, berdasarkan prioritas Dana Desa 2020 menuju Empat Lawang Makmur, Aman, Damai, Agamis, Nasionalis dan Indah (MADANI).

Camat Tebing Tinggi, Somri Azhar mengatakan, sinkronisasi program Desa dengan program Kabupaten merupakan sesuatu yang sangat berat dilaksanakan. Hal ini dikarenakan masyarakat dilapisan paling bawah, banyak keinginan pelaksanaan pembangunan namum kurang mengerti apa yang diinginkan Pemerintah di atasnya. “Pemerintah itukan inginnya masyarakat dapat mandiri, makanya digulirkannya program Dana Desa dan beberapa program lainnya, namun mereka tidak memahami itu. Jika dikatakan salah, menurut saya itu salah semua, baik itu Pemerintah dimulai dari Kadesnya termasuk Camatnya,” ucap Somri.




Menurut Somri, keinginan pemerintah menjadikan masyarakat dan Desa yang mandiri harus disampaikan secara terbuka agar bisa dipahami masyarakat. Dia menilai saat ini kemandirian masyarakat di Desa masih belum maksimal, meski ada beberapa Desa yang sudah ada kemandiriannya, namun hanya sebagian saja. “Saran saya, seluruh Desa dijadikan percontohan dan namanya DPMD menjadi komandonya dalam hal ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Kabupaten Empat Lawang, Agus Rochmad Basuki mengatakan, untuk memajukan Desa, tidak cukup hanya mengandalkan Dana Desa saja. Semua pihak kata dia, harus berperan.
Menyampaikan pesan Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad. Kata Agus, bupati minta agar Kades memprioritaskan pembangunan dan dukungan kegiatan Posyandu melalui Dana Desa. “Selain itu, masalah stunting juga harus menjadi perhatian Pemerintah Desa,” tegasnya. (07)

Previous Orgil Teror Wanita Lahat Akhirnya Diamankan
Next Pajak Bertutur, Pentingnya Pajak Bagi Generasi Muda