Jupel Memiliki Peranan Penting


Foto: Pidi/Pagaralam Pos BERSEJARAH: Situs megalit belumai, merupakan salahsatu warisan leluhur yang bernilai sejarah tinggi
Foto: Pidi/Pagaralam Pos
BERSEJARAH: Situs megalit belumai, merupakan salahsatu warisan leluhur yang bernilai sejarah tinggi

PAGARALAM POS, Pagaralam – Jangan remehkan juru pelihara (Jupel) situs megalit. Karena ada Jupel, situs megalit menjadi terpelihara. Jika tidak, bisa dipastikan, situs megalit itu tidak akan terawat. “Jupel itu memiliki peranan yang sangat penting. Karena merekalah situs-situs megalit menjadi terawat,” ucap staf balai pelestarian cagar budaya (BPCB) Jambi, A Rivai, ketika dibincangi Pagaralam Pos, belum lama ini.

Dilanjutkannya, situs-situs megalit yang terawat membuat siapapun yang berkunjung menjadi nyaman dan betah. Sehingga akan merasa senang untuk berkunjung lagi di lain waktu. “Jupel membuat kebersihan sebuah situs menjadi terjaga,” imbuhnya.

Karena peranannya sangat penting, Rivai meminta agar Pemkot Pagaralam dapat selalu berkoordinasi dengan Jupel. Misalnya dicontohkannya, ketika ada kunjungan sebuah lembaga ke sebuah situs, diharapkan Jupel juga diajak. “Jupel itu butuh pamong. Dalam hal ini adalah dinas terkait,” tutur Rivai. (11/CE-V)

#Baca selengkapnya, terbit besok……(15 Maret 2016)

Previous Bangun Sinergisitas Bareng Admin Website Kemenag
Next Terbongkar, Aset Tersebar di Mana-mana Disita