Juni 2018, Pemilukada Pagaralam Digelar


PAGARALAM POS, Pagaralam – Pelaksanaan Pemilukada Pagaralam dipastikan digelar 2018 mendatang. Ini diketahui dari hasil revisi dari Perpu No.1 Tahun 2014 tentang Pemilukada. Salahsatu poin revisi itu terkait dengan tahapan Pemilukada serentak.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam, Yenli Elmanoferi SE MSi, mengatakan, bagi daerah yang akan mengadakan Pemilukada pada 2018 dan 2019, semuanya dilakukan pada Juni 2018.

Tapi masa bakti Walikota dan Wakil Walikota Pagaralam Periode 2013 – 2018 akan berakhir pada April 2018 mendatang ? Yenli menjelaskan, untuk soal itu, pastinya tidak akan terjadi kekesongan kekuasaan. Sebab, akan ada pelaksana tugas (Plt) Wako, yang bertugas sampai Wako dan Wawako terpilih dilantik.

Selain mengenai tahapan Pemilukada tambah Yenli, pasangan calon mendaftarkan diri secara berpasang-pasangan, alias dalam satu paket. Kemudian tidak mengenal lagi yang namanya dua putaran. “Hanya satu putaran. Suara terbanyak yang akan ditetapkan sebagai pasangan terpilih,” urainya sembari menambahkan, itu bisa berubah jika ada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menghendaki ada Pemilukada ulang.

Masih ada yang lain, yaitu hasil revisi uji publik dihapuskan dan dikembalikan kepada partai politik (Parpol) pengusung masing-masing. (11/CE-V)

Previous 2017, Jembatan Layang Endikat Ditargetkan Rampung
Next Bawa Senpira dan Sajam, Bujangan Dicangking