Jumlah Pemilih Meningkat


Foto : dok/Pagaralam Pos KANTOR KPU PAGARALAM : KPU KoTA Pagaralam melaksanakan rekapitulasi pemilih berkelanjutan yang digelar sebulan sekali yang hasilnya ditetapkan dalam rapat pleno

PAGARALAM POS, Pagaralam – Per Agustus 2020, jumlah pemilih di Kota Pagaralam mencapai 104.192 jiwa. Sementara pada Juli, jumlah pemilih tercatat 104.033 jiwa. Artinya (Jumlah pemilih) meningkat,” ujar Komisioner KPU Kota Pagaralam, Elsi Sandi SKom MM, dihubungi Pagaralam Pos, kemarin.
Data itu sebut Elsi diketahui setelah KPU melaksanakan rekapitulasi pemilih berkelanjutan. Rekap ini digelar sebulan sekali yang hasilnya ditetapkan dalam rapat pleno. Nah, rapat pleno rekapitulasi pemilih berkelanjutan terakhir digelar pada 31 Agustus lalu. “Untuk pleno rekapitulasi pemilih berkelanjutan selanjutnya, akan kita gelar akhir September,” ucap Elsi.
Elsi menjelaskan, meningkatnya jumlah pemilih disebabkan beberapa faktor. Di antaranya banyaknya peristiwa mutasi ke Kota Pagaralam. Artinya penduduk yang tadinya di luar, pindah domisili ke Pagaralam. Hal ini diperkirakan Elsi, boleh jadi karena dampak dari pandemi Covid-19.
Faktor selanjutnya adalah banyaknya pembuatan KTP oleh pemilih pemula yang baru tamat SMA/sederajat pada April lalu. Ini karena untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, dan pengurusan berkas mereka membutuhkan KTP. “Dalam hal ini KPU berkoordinasi dengan Dukcapil,” tuturnya.
Bertambahnya pensiunan TNI/Polri, juga turut menambah jumlah pemilih di Pagaralam. Ini karena setelah pensiun, aparat tersebut baru bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu maupun Pilkada nanti. Rekap pemilih berkelanjutan sendiri, Elsi menambahkan, hanya untuk memudahkan KPU dalam pendataan daftar pemilih tetap (DPT) pada saat Pemilu nantinya. Sebabnya, karena data pemilih ini akan selalu berubah. (Pid11)

Previous Pengerjaan Rehab Jangan Asal Cepat
Next Tingkatkan Produksi, Kualitas Dijaga