Jelang Natal, Harga Telur Ayam di Pagaralam Mulai Meroket


Foto: Ist/Pagaralam Pos
Ilustrasi

PAGARALAM POS, Pagaralam – Jelang Natal dan pergantian tahun 2018, harga sejumlah komoditi pangan di Pasar Tradisional Kota Pagaralam, terpantau mulai mengalami kenaikan.




Pantauan Pagaralam Pos di lapangan, paling mencolok harga jual telur ayam. Sebelumnya, harga telur Rp38 ribu per karpet, sejak dua pekan terakhir, melonjak menjadi Rp43 ribu – Rp45 ribu per karpet.




Begitu pula harga jual beras, semula Rp10 ribu per kilogram, melonjak menjadi Rp11,500 per kilogram. “Sudah 2 minggu terakhir, harga telur ayam mengalami kenaikan, biasa kita jual Rp38 ribu per karpet, naik menjadi Rp43 ribu – Rp45 ribu per karpet,” terang Jono, pedagang sembako di Pasar Terminal Nendagung.




Kenaikan harga telur jelang Natal dan pergantian tahun, disebabkan faktor konsumtif masyarakat, yang cukup tinggi terhadap telur. Sementara untuk beras lebih disebabkan karena faktor cuaca.




“Kalau kenaikan harga telur, kita nilai karena faktor konsumsi masyarakat, banyak yang beli untuk membuat kue. Beras naiknya lebih ke faktor cuaca, mengingat kondisi cuaca yang tidak bersahabat kurang panas, akan tetapi untuk Pagaralam harga masih relatif terjangkau,” sebutnya.




Sementara, Alwi pedagang sembako lainnya, tak menampik jika harga telur dan beras mengalami kenaikan. Kendati demikian, untuk harga gula pasir dan minyak goreng curah, saat ini harganya relatif stabil tidak mengalami kenaikan.




“Harga jual minyak goreng curah eceran, masih kita jual diharga Rp9,500 per kilogram – Rp10 ribu per kilogram, minyak goreng kemasan Rp11 ribu, untuk harga gula Rp11 ribu per kilogram. Kita berharap tidak ada kenaikan harga sembako lain, jelang Natal dan pergantian tahun nanti,” harapnya.




Terpisah, Kepala Disperindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam, Saidi Amrullah SSos MM menuturkan, ada beberapa kebutuhan pokok, seperti beras dan telur mengalami kenaikan. “Kami akan terus memantau harga sembako agar stabil, untuk jadwalnya masih kita atur lagi,” tandasnya. (09)

Previous Hoax! Belum Ada Program Pemutihan Pajak Kendaraan di Pagaralam
Next Berikan Motivasi, Tingkatkan Gairah Bekerja Petugas BNN