Janji Nunggu Kate Betaruh


Foto : ist/ilustrasi DIANGKAT MENJADI FILM : Filosofi janji nunggu kate betaruh diangkat menjadi sebuah film. Adegan dalam film ini banyak dilakukan di berbagai titik di kota Pagaralam.
Foto : ist/ilustrasi
DIANGKAT MENJADI FILM : Filosofi janji nunggu kate betaruh diangkat menjadi sebuah film. Adegan dalam film ini banyak dilakukan di berbagai titik di kota Pagaralam.

PAGARLAAM POS, Pagaralam – Jeme besemah dari dulu sudah memiliki pedoman hidup yang tinggi. Ini dibuktikan dengan adanya petata-petati yang sarat akan makna dan pesan moral. Janji Nunggu Kate Betaruh adalah satu diantara isi petata-petiti itu. Meskipun kata-katanya singkat, namun janji nunggu kate betaruh memiliki makna yang sangat dalam.

Menurut Pemerhati Budaya Sumatera Selatan, Ahmad Bastari Suan, janji nunggu kate betaruhi memiliki makna amanah dan bertanggung jawab dengan ucapan. “Janji nunggu itu maknanya selalu menepati janji atau tidak ingkar. Sedangkan kate bataruh itu maknanya ucapan harus dipertanggung jawabkan,” urai Bastari, ketika dimintai pendapatnya, kemarin (12/8).

Dengan mempedomai janji nunggu kate betaruh tambah Bastari, diharapkan seseorang akan selalu amanah dengan janji yang diberikannya. Selain itu, seseorang juga tidak mudah berucap bila tidak punya landasan ataupun latar belakangnya. “Makanya orang besemah itu pada dasarnya tidak mau berbicara muluk. Sebab dia tahu, bicara itu ada konsekuensinya. Harus dipertanggung jawabkan. Tidak boleh berbohong,” sambungnya.

Diakui Bastari, janji nunggu kate betaruh memiliki makna yang universal. Meskipun sudah lama, kata dia, namun janji nunggu kate betaruh masih bisa diterapkan di semua zaman. “Kata-katanya memang disusun dengan bahasa besemah. Tapi kalau dikaji, itu berlaku untuk semua manusia tanpa terkecuali,” sebutnya.

Bahkan diakui Bastari lagi, jika dikaji lebih jauh lagi, janji nunggu kate betaruh juga sejalan dengan ajaran Islam. Yakni amanah dan jujur. “Nilai-nilai Islamnya ada di situ. Mungkin ini mendapat pengaruh dari ajaran Islam juga,” tuturnya.

Karena itu, Bastari yakin, janji nunggu kate betaruh bisa terus bertahan dan bisa dijalankan warga besemah di zaman sekarang. Dia pun menyambut baik janji nunggu kate betaruh dijadikan sebuah judul film layar lebar. Dia berharap, melalui film itu, nilai janji nunggu kate betaruh dapat terus menginspirasi hidup warga.

Berumur Ribuan Tahun

Kapan sebenarnya petata-petiti itu muncul dan berkembang di tengah masyarakat besemah? Bastari kurang tahu persis. Hanya ia menyatakan, petata-petata itu muncul jauh sebelum kedatangan Atung Bungsu. “Bahkan sebelum Islam datang ke besemah, petata-petiti itu sudah ada,” jawabnya. (11)

#baca berita selanjutnya…terbit 13 agustus 2016#

Previous Pastikan Lelang Jabatan
Next Stock Blanko KTP Menipis