Jangan Lupakan Kebudayaan !


Foto : Dok/Pagaralam Pos PELESTARIAN BUDAYA : Tarian tradisional merupakan salahsatu unsur dalam kebudayaan Besemah. Foto diabadikan beberapa waktu lalu.

PAGARALAM POS, Pagaralam- Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPRD Kota Pagaralam meminta Pemkot untuk mengakomodir anggaran untuk bidang kebudayaan. Hal ini agar upaya memajukan dan melestarikan kebudayaan Besemah dapat berjalan lancar.

Dihubungi Pagaralam Pos kemarin (23/8), Ketua F-PKS DPRD Pagaralam Abdul Fikri Yanto SThI MAg menyayangkan minimnya perhatian terhadap bidang kebudayaan. Ini dibuktikan dengan tiadanya anggaran untuk bidang kebudayaan. Diakuinya, kondisi ini akan menghambat usaha untuk memajukan dan melestarikan kebudayaan Besemah. “Tentu saja (terpengaruh),”katanya.

Meskipun begitu, Fikri menambahkan, belum ada kata terlambat. Anggaran untuk kebudayaan bisa dimasukkan untuk tahun 2021. Apalagi ia bilang, rapat untuk anggaran induk 2021 baru membahas kebijakan umum anggaran atau KUA PPAS. Karenanya di persidangan selanjutnya, F-PKS akan memperjuangkan supaya ada anggaran untuk kebudayaan. “Pemerintah harus mengakomodir rencana anggaran tersebut,”ucapnya.

Fikri pun memastikan, akan melakukan advokasi anggaran. Agar kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan budaya daerah, bisa teranggarkan. “Tentu saja dalam jumlah yang cukup,” tambahnya.

Sementara itu Agustian Basrun, seorang pemerhati sejarah dan budaya Besemah mengatakan, anggaran untuk bidang kebudayaan nol rupiah. Baginya ini sangat disayangkan. Sebab tanpa ada anggaran, sulit untuk melestarikan, dan memajukan kebudayaan Besemah. “Kebudayaan harus diperhatikan juga,”ucapnya, saat ditemui Pagaralam Pos di Dusun Tanjung Pasai, Sabtu lalu (22/8). (pid11)

Previous Hasil Swab 10 Orang Negatif
Next ABG Nekat Bobol Bengkel