Jalur Gunung Dempo Satu Arah


PAGARALAM POS, Pagaralam – Guna menghindari kemacetan di kawasan wisata Gunung Dempo pada libur penghujung  tahun ini, Satlantas Polres Pagaralam bakal mengalihkan rute kunjungan wisatawan menuju ke sejumlah objek wisata menjadi satu arah. Ini dilakukan mengingat padatnya kendaraan pengunjung yang memicu terjadinya kemacetan.

Kapolres Pagaralam AKBP Saut P. Sinaga, didampingi Kabag Ops Kompol Muzir Cika, melalui Kasat Lantas AKP Herry Widodo mengungkapkan, rencana pengalihan di kawasan wisata, khususnya di Gunung Dempo untuk menghindari kemacetan. Mulai dari pintu masuk hingga di sejumlah titik menuju ke sejumlah objek wisata yang ada.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, jalurnya diberlakukan satu arah untuk menghindari kemacetan kendaraan pada saat puncak kunjungan wisatawan di libur pergantian tahun nanti. Pengalihan jalur akan mulai diberlakukan H-1 pergantian tahun, namun kita akan melihat situasi kunjungan atau booking kamar dari para wisatawan di sejumlah hotel atau villa,” urai Herry, kemarin (29/12).

Rute satu arah, yaitu Portal (gerbang masuk, red) yang berada di Dusun Pagarjaya, Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Utara dan akses masuk dari Dusun Tegur Wangi, Kelurahan Pagarwangi, Kecamatan Dempo Utara, kedua akses masuk ke lokasi ini menuju kompleks perkantoran Gunung Gare. Kemudian pengunjung atau wisatawan yang mengendarai motor atau mobil diperbolehkan menuju kebun teh Gunung Dempo. Sementara jalur turun, dari pabrik teh PT PN VII turun atau kembali ke Portal merupakan jalur turun.

“Kita akan memasang rambu tanda panah, mulai pintu masuk hingga menuju jalur turun bagi para wisatawan. Sehingga pengunjung yang berkendaraan tidak terjebak di kemacetan. Akses yang dimaksud, digunakan para wisatawan untuk mengunjungi sejumlah objek wisata yang ada, diantaranya, Tangga Seribu, Antan Delapan, perkebunan teh, Tugu Rimau, Cughup Mangkok, Cughup Embun, dan Hutan Bambu,” lanjut Herry.

Untuk menghindari kemacetan lanjutnya, kendaraan khususnya roda empat tidak boleh parkir di sembarang tempat di sepanjang jalur menuju objek wisata. Dan diberlakukan parkir satu arah saja. “Juga disiapkan dua lokasi parkir di kawasan wisata Gunung Dempo, yakni di Lapangan Bola Desa Talang Darat, tidak jauh Pabrik Teh PTPN dan lapangan Tangga Seribu,” ujarnya seraya mengatakan, sejauh ini telah memasang sejumlah spanduk imbaun untuk waspada mengemudikan kendaraan.

Sementara, untuk pengalihan jalur bagi arus lalin di jalan Negara, tidak mengalami perubahan. Namun, tetap dimonitor oleh petugas yang melakukan penjagaan di Pos PAM Ops Lilin 2012. “Personil Lantas tetap akan melakukan pengawasan dengan melakukan patroli, khususnya di jalur wisata pada saat puncak kunjungan wisatawan,” pungkasnya. (06/CE-V)

Previous Pedagang Musiman Direlokasi
Next Ikhsan dan Sarli Juarai PWP 2013