Jalankan Tusi, Kawal Kebijakan


Ilustrasi

PAGARALAM POS, Pagaralam – Agustus mendatang Fraksi PKS (F-PKS) di DPRD Pagaralam genap berusia setahun. Sudah cukup banyak kegiatan yang dilakukannya. Ini menandakan bahwa mereka telah menjalankan tugas, dan fungsi (Tusi) sebagai wakil rakyat. “Kami berkomitmen untuk memperjuangkan aspirasi rakyat,”ujar Ketua F-PKS DPRD Pagaralam, Abdul Fikri Yanto SThI MAg, beberapa waktu lalu.

Kegiatan F-PKS diawali dengan mengikuti bimbingan teknis nasional (Bimteknas) yang digelar DPP PKS. Kegiatan ini diikuti seluruh wakil rakyat PKS se-Indonesia, termasuk Pagaralam. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas anggota dewan dari PKS.

F-PKS juga menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan masyarakat. RDP ini membahas tentang pengkajian ulang Perwako nomor 30 tahun 2016. Saat itu F-PKS menerima perwakilan sejumlah lembaga masyarakat.

Ketika massa demo yang berasal dari gabungan pemuda dan mahasiswa Pagaralam ‘menggeruduk’ gedung DPRD, anggota F-PKS hadir di sana. Mereka meriung bersama para peserta aksi. Ini terjadi pada 2019. Saat itu massa demo menolak RUU KPK dan RUU KUHP. Anggota F-PKS juga aktif mengikuti kegiatan reses. Bukan hanya dalam bentuk aksi, F-PKS tak jarang menerima proposol kegiatan yang diajukan masyarakat Pagaralam. Bagi F-PKS kepentingan masyarakat adalah yang paling utama.

Kegiatan F-PKS lainnya adalah memperkuat silaturahim dengan awak media cetak dan daring di Pagaralam. Ini diwujudkan dengan menggelar kegiatan bertajuk ‘Ngopi Bareng Media’. Kegiatan ini diisi dengan tanya jawab antara awak media dengan anggota fraksi. F-PKS juga tak pernah absen menggelar rapat bulanan. Rapat ini dihadiri seluruh pengurus fraksi tanpa terkecuali. Ini untuk memperkuat koordinasi dan konsolidasi. (pid11)

Previous Firmansyah, Dari Kadus Hingga Anggota Dewan
Next Wako: Jangan Anggap Ringan Covid-19