Jalan Rusak Dimanfaatkan Warga Meraup Rejeki


Foto: Rendi/Pagaralam Pos JALAN : Warga yang melintas ruas jalan wilayah Desa Gunung Kembang Kecamatan Kikim Timur harus memperlambat laju kendaraannya pada titik kerusakan.
Foto: Rendi/Pagaralam Pos
JALAN : Warga yang melintas ruas jalan wilayah Desa Gunung Kembang Kecamatan Kikim Timur harus memperlambat laju kendaraannya pada titik kerusakan.

PAGARALAM POS, Lahat – Arus balik Idul Fitri 1437 H,  volume kendaraan yang melintas kembali padat, tetapi bagi pemudik harus lebih waspada saat melintas ruas jalan lintas Sumatera (Jalinsum)  Lahat-Tebing Tinggi,  yang beberapa titik badan jalan sudah terkelupas dan rawan terjadi longsor.

Titik kerusakan dan rawan bencana alam itu diantaranya di wilayah Desa Gunung Gunung Kembang,  Kecamatan Kikim Timur dan wilayah Desa Sugi Waras,  Kecamatan Gumay Talang.

Kedua titik tersebut merupakan titik terparah kerusakan,  meski kerusakan juga terjadi di wilayah Kecamatan Kikim Tengah dan Barat.  Ruas jalan negara ini tidak mendapat perbaikan jelang perayaan Idul Fitri,  seperti ruas Jalinsum Lahat-Muara Enim. Padahal pemudik juga menjadikan jalur ini sebagai jalur utama menuju Kota-kota di Sumatera. “Harus satu arah,  karena kerusakan membuat badan jalan menyempit,” ujar Hadi (35), warga Desa Gunung Kembang,  yang bermukim tidak jauh dari lokasi ruas jalan yang rusak.

Menurutnya,  kerusakan badan jalan ruas jalan ini sudah lama terjadi.  Karena tidak ada perbaikan, kerusakan yang awalnya kecil,  lama kelamaan terus meluas.  Kerusakkan ini hampir seluruhnya terjadi di wilayah berdekatan dengan Kabupaten Empat Lawang.  “Untung ada rambu-rambu peringatan dari  Polres Lahat,  jadi pengendara yang lewat dapat tahu ada jalan rusak dan masuk wilayah rawan longsor,” katanya. (mg21)

#baca berita selengkapnya….terbit 11 juli 2016#

Previous Lima Rumah Dilahap Sijago Merah
Next Maling Kambing ‘Kepagian’