Jalan Penghubung Dua Kecamatan Terancam Putus


Foto : Vilkodri/Pagaralam Pos
TERANCAM PUTUS : Titik lokasi jalan penghubung Dua Kecamatan yang terancam putus.

PAGARALAM POS, Muratara – Ruas Jalan poros yang menghubungkan antara Kecamatan Karang Dapo dan Rawas Ilir di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) terancam putus akibat erosi sungai.

Mengingat tebing sungai Rawas yang sedikit demi sedikit tergerus longsor, semakin mendekati jalan yang tepatnya berada di antara Desa Aringin Kecamatan Karang Dapo dan Desa Mandi Angin Kecamatan Rawas Ilir.




Hal itu membuat Warga terutama pengendara yang kerap melintasi jalan tersebut khawatir akses antar Kecamatan ini terputus. “Dulu belum sedekat ini, sekarang sudah dekat sekali, sekitar dua meter lagi,” kata Ilham, salah seorang pelintas yang dibincangi Wartawan Pagaralampos, kemarin.

Sementara itu, Arifin warga setempat mengatakan, tebing sungai Rawas semakin tergerus lantaran dipicu terjangan air dari hulu yang terus menghantam tebing. Pasalnya, kondisi sungai berbentuk tikungan ditambah arus yang deras terutama saat volume sungai meningkat. “Kondisi sungai ini kan tikungan, jadi air dari hulu itu menghantam terus, makanya sedikit demi sedikit tebingnya terkikis,” terang Arifin.




Ia menambahkan, akibat tebing sungai yang terus terkikis itu, tiang jaringan listrik PLN pernah roboh, Sehingga satu Kecamatan terjadi pemadaman listrik hampir sehari semalam. Petugas PLN membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperbaiki dan mendirikan tiang listrik di tempat yang baru. “Sudah satu batang tiang listrik roboh, karena malamnya hujan lebat, jadi tebing sungai itu longsor,” kata Arifin.

Petugas pembersih jalur jaringan listrik PLN, Riko, mengatakan tiang listrik yang pernah roboh sudah dipindahkan ke tempat yang lebih aman, Namun saat ini kondisi tiang listrik tersebut sudah dekat dengan sungai dan terancam roboh kembali. “Untuk sementara ini masih aman, tapi memang kondisinya semakin dekat dengan sungai, karena tebingnya longsor terus,” kata Riko. (Vil23)

Previous 2.100 Kg Beras Untuk Korban Banjir
Next Jalan Desa Batu Raja Nyaris Putus