Jadilah Guru Professional yang Memiliki Pengetahuan


Foto: Ist/Pagaralam Pos
ARAHAN: Kepala Kankemenag Pagaralam H Win Hartan memberikan arahan kepada para peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi AKG, AKK dan AKP.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Pagaralam melalui Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) menggelar kegiatan Sosialisasi Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP), bertempat di Musholah Al-Ikhlas Kankemenag, belum lama ini.

Sosialisasi Asesmen Kompetensi GTK, Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP) dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pagaralam H. Win Hartan, S.Ag, M.Pd.I didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Amrullah, S.Ag, M.Pd.I. Kegiatan dihadiri para guru Madrasah Aliyah (MA) se-Kota Pagaralam.

Dalam arahannya Win Hartan mengatakan untuk membangun eksistensi dan martabat sebuah profesi diperlukan mutu atau kualitas para anggota. Dan mutu atau kualitas dapat diperoleh dari upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan dan pengendalian yang dilaksanakan secara terus menerus dan tersistem.

“Untuk mendapatkan mutu atau kualitas dari sebuah pengembangan keprofesian berkelanjutan, dapat dilakukan melalui kegiatan Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP), karena kegiatan asesmen ini untuk melakukan penilaian dan pengukuran terhadap keprofesionalitasan guru, Kepala Madrasah dan pengawas Madrasah, “ kata Win.

Dan ukuran atau penilaian kinerja para Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) lanjut Win Hartan dapat dilihat dari kualitas hasil kerja, ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan, prakarsa dalam menyelesaikan pekerjaan, kemampuan menyelesaikan pekerjaan dan kemampuan membina kerja sama dengan pihak terkait.

Win Hartan berharap kepada semua kepala dan guru Madrasah, agar dapat mengikuti kegiatan asesmen kompetensi karena kegiatan AKG, AKK dan AKP adalah juga penilaian terhadap kompetensi guru, Kepala Madrasah, dan pengawas Madrasah sebagai bagian penilaian guru, Kepala Madrasah dan pengawas Madrasah dalam rangka pembinaan karier, kepangkatan dan jabatan.

“Ikuti kegiatan ini, jangan takut mendengar kata asesmen, karena kegiatan ini sangat penting demi proses kedepan. Disamping itu saya juga berharap kepada saudara-saudara untuk terus meningkatkan kompetensi sebagai seorang guru professional yang telah diatur dalam UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Jadilah guru professional yang memiliki pengetahuan, keahlian, kemahiran dan kecakapan,” harapnya. (Cg09)

Previous Data Keberadaan Komunitas Pemuda
Next Bekali Alumni Sertifikasi Keahlian Kerja