Irigasi Ayek Suban Jebol


PAGARALAM POS, Pagaralam – Meluapnya aliran Sungai Ayek Suban akibat hujan deras yang mengguyur Kota Pagaralam, bangunan irigasi di Dusun Petani, Kelurahan Alun Dua, Kecamatan Pagaralam jebol. Jebolnya bangunan irigasi ini, kemarin (31/10), sekitar pukul 23.00 WIB. Terlihat kerusakan pada dinding bangunan yang digunakan untuk menyuplai pasokan air areal pertanian dan kolam warga, ambruk sepanjang sekitar 5 meter. Tak hanya itu, kolam warga ikut terendam.

Aceng (60), salah seorang warga setempat mengatakan, ambruknya dinding irigasi sepanjang sekitar 5 meter, kondisinya cukup memprihatinkan, karena bangunannya sudah lama. Saluran irigasi ini juga dimanfaatkan petani di Dusun Simpang Petani, yang juga mengalir ke dusun Belakang Obak atau belakang rumah sakit hingga Dusun Alun Dua. “Cukup banyak petani yang memanfaatkan aliran air irigasi ini, termasuk puluhan kolam warga di sepanjang aliran air ini,” ujarnya.

Dirinya juga mengharapkan, adanya tindakan dari pemerintah ataupun dinas terkait. Tentunya untuk segera melakukan perbaikan. “Sebab, jika tidak dilakukan perbaikan segera dikhawatirkan kerusakan makin parah,” pinta Aceng.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kota Pagaralam, Jumaldi Jani SP mengatakan, pihaknya akan melakukan pengecekan dan segera dilaporkan kepada pihak terkait untuk segera dilakukan perbaikan. (06/CE-V)

Previous BKD Siapkan Loket Layanan Terpadu
Next Fasilitas Toilet Umum Rusak